fbpx

Tawon Resahkan Warga, Tim Rescue Damkar Turun Tangan

tawon resahkan warga
Tim Rescue Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya memakai pakaian lengkap guna mengevakuasi sarang tawon di kawasan Sei Gohong, Minggu (15/8/2021). Foto:dok.sucipto.

PALANGKA RAYA – Sarang tawon ganas yang resahkan warga di kawasan Kelurahan Sei Gohong, Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, akhirnya dievakuasi.

Petugas Damkar Kota Palangka Raya yang dipimpin langsung oleh Komandan Regu Rescue Damkar Kota Palangka Raya, Sucipto, melakukan evakuasi terhadap sarang tawon ganas jenis tawon vespa.

Proses evakuasi sarang tawon yang resahkan warga ini dilakukan untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat yang bernama Siti (53).

“Iya memang meresahkan, setiap orang yang lewat sering disengatnya. Ada yang sampai sakit,” kata Siti.

Dijelaskannya Sucipto, Sarang tawon tersebut menempel di dinding tembok. Bahkan tawon yang termasuk hewan mematikan ini kerap sekali mengejar warga yang kebetulan lewat dekat sarangnya.

“Sudah dua bulan tawon itu dan sering mengejar orang sampai saat ini sudah ada 10 korban yang terluka, karena serangan tawon,” kata Sucipto.

Dalam evakuasi sarang tawon tersebut, Damkar kota Palangka Raya mengerahkan 6 personel Tim Rescue. Maka dengan menggunakan alat dan pakaian khusus untuk meminimalisir sengatan tawon.

“Besar lingkaran sarang tawon tersebut 90 cm,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sucipto menerangkan, bahwa evakuasi berjalan cukup lama mulai dari pukul 12.00 sampai 15.30 WIB akibat terkendala sarang didinding rumah dan merangkul pohon, nempel di ranting pohon kembang mawar dan pohon Ketapang.

BACA JUGA : Masuk Palangka Raya tanpa Kartu Vaksin, Ratusan Kendaraan Putar Balik

“Jadi sarangnya ini merangkul pohon dan dinding rumah. Akibatnya apabila bergerak dan merasa terganggu, maka si tawon akan segera keluar dengan luar biasa banyaknya,” beber Sucipto.

Melalui evakuasi yang menegangkan dan dengan kehati-hatian, sarang tawon pun akhirnya dapat dievakuasi.

“Selama proses evakuasi berjalan dengan lancar dan aman semua anggota selamat dan tawon berhasil diamankan serta sarangnya,”pungkasnya. (rdo/abe/cen)

DMCA.com Protection Status