fbpx

Komisi I Dorong Pemdes Kelola Lahan Kosong

komisi I
Ketua DPRD Murung Raya, Doni SP MSi, menyerahkan bantuan PPKM berupa sembako kepada masyarakat, belum lama ini. Foto:Ist.

PURUK CAHU – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura), Rumiadi, meminta kepada seluruh pemerintah desa (Pemdes) yang ada di Kabupaten Murung Raya agar bisa membantu masyarakat setempat dalam mengembangkan lahan yang dimiliki.

Ia mengatakan, hal ini seiring dengan apa yang dirinya sarankan kepada seluruh lapisan masyarakat setempat, agar bisa memanfaatkan lahan kosong yang mereka miliki untuk bercocok tanam.

Hal ini dikarenakan untuk mensukseskan itu tentunya harus ada dorongan dan dukungan dari Pemdes juga, agar masyarakat mau dan lebih mudah dalam pemanfaatan lahan tersebut,” jelas Politisi PDI Perjuangan, Rabu (18/8/2021).

Rumiadi menambahkan, dukungan tersebut dapat diwujudkan melalui sokongan anggaran atau program dari pemdes seperti penyediaan bibit tanaman baik sayur mayur maupun buah-buahan untuk masyarakat itu sendiri.

Hal ini, menurutnya juga merupakan bentuk nyata serta perwujudan dari Pemdes dalam program ekonomi kerakyatan yang selama ini terus dirinya tekankan kepada desa-desa.

“Anggarkan sesuai dengan ketentuan yang dan kemampuan anggaran desa untuk penyediaan bibit dan lain sebagainya, itukan bisa serta sejalan dengan apa yang selalu Saya tekankan bahwa Pemdes itu harus bisa mengembangkan sektor ekonomi kerakyatan di wilayahnya masing-masing,” lanjut Ketua Komisi I DPRD Murung Raya ini.

BACA JUGA : Kepala Desa Harus Dukung Program RPJMD 

Rumiadi menekankan, program ekonomi kerakyatan berbasis pengembangan lahan masyarakat harus ada dukungan dari Pemdes setempat, sehingga masyarakat juga merasa ada perhatian dari pihak Pemdes.

“Kolaborasi dari Pemdes dan masyarakat dalam pengembangan lahan ini yang perlu direalisasikan sebagai wujud nyata ekonomi kerakyatan,” tutupnya. (udi/abe/cen)

DMCA.com Protection Status