fbpx

Tetap Tenang saat Menghadapi Perundungan Siber

perundungan siber
Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kobar, Kamis (26/8/2021). (antara/muhammad arif hidayat)

PANGKALAN BUN – Regina Ivanova merupakan seorang publik figur ataupun salah satu penyanyi ternama di Indonesia, membagikan pengalamannya di ruang digital khususnya saat menghadapi komentar-komentar negatif di media sosial.

Regina dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kamis (26/8/2021), mengatakan saat berada di ruang digital atau menggunakan media sosial, dirinya juga memiliki pengalaman menghadapi ‘cyberbullying’ atau perundungan siber.

“Menghadapi hal-hal seperti itu saya selalu tenang dan cenderung tak menghiraukannya ataupun merespon dengan komentar yang lucu-lucuan, yakni tidak ditanggapi serius,” katanya.

Komentar dalam media sosial tentu sangat beragam dan Regina mengakui salah satu perundungan siber atau komentar negatif yang biasa ditemui mengarah pada celaan fisik.

Tetapi biasanya ia tetap tenang dan tak menghiraukannya, kecuali jika komentar-komentar yang diberikan oleh oknum dalam media sosial cenderung sudah mengarah ke fitnah, hal seperti itu pasti akan diupayakan direspon.

Regina mencontohkan, seperti pada minggu lalu ia menemukan komentar di media sosialnya oleh oknum yang tampak memutar balikkan fakta atau sesuatu yang tidak dirinya lakukan.

“Saya pun langsung memberikan respon dengan niat untuk meluruskan guna mencegah terjadinya kesalahan penyampaian informasi yang diterima,” jelasnya.

Regina pun menekankan, sekalipun ia memberikan respon, namun tetap berupaya sopan serta mengedukasi, guna membuat semuanya bisa menjadi lebih baik lagi.

Diharapkan kedepan melalui berbagai upaya edukasi masyarakat termasuk gerakan nasional literasi digital, masyarakat bisa semakin cakap digital sehingga lebih bijak saat berada di ruang digital khususnya media sosial.

Dalam webinar tersebut, Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah juga menyampaikan dukungannya terhadap gerakan nasional literasi digital dan berharap masyarakat kabupaten setempat bisa memanfaatkan rangkaian kegiatan tersebut secara maksimal. (antara/muhammad arif hidayat/cen)

DMCA.com Protection Status