fbpx

Pengelolaan Sektor Pertanian Berpotensi Tingkatkan PAD

Pengelolaan Sektor Pertanian
Anggota DPRD Katingan, Yudea Pratidina mengatakan, sektor pertanian khususnya di wilayah hilir sangat potensial sekali dikelola sebaik mungkin guna meningkatkan PAD. Foto: IST

KASONGAN – Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan menyatakan bahwa sektor pertanian mempunyai potensi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk itu, pemerintah daerah melalui dinas terkait diminta untuk lebih memperhatikan peningkatan sarana dan sarana serta melakukan terobosan-terobosan di sektor tersebut.

Anggota DPRD Katingan, Yudea Pratidina mengatakan bahwa sektor pertanian khususnya di wilayah Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala sangat potensial sekali untuk meningkatkan PAD.

“Kami sangat mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Katingan dapat melakukan berbagai terobosan untuK perkembangan sektor pertanian,” ujarnya pada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, investasi pada sektor pertanian terutama dalam pengelolaan beras bisa memberikan dampak yang baik jika dilakukan dengan maksimal. Baik berdampak bagi para petani itu sendiri, maupun untuk pendapatan daerah.

“Untuk itu, kami berharap kedepan pemerintah daerah bisa melakukan investasi di bidang pertanian, karena sangat potensial bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dia menyebut, jika hasil pertanian dua kecamatan di wilayah hilir Kabupaten Katingan tersebut dapat dibilang termasuk skala cukup besar dan bahan sering surplus.

“Dengan adanya terobosan dari pemerintah daerah, diharapkan hasil yang didapat para petani semakin meningkat dan berimbas pula bagi masyarakat sekitarnya,” ucap Yudea.

Dia mencontohkan, pemerintah daerah melalui perusahaan daerah bisa membeli hasil panen para petani dengan harga standar. Selanjutnya dilakukan pengelolaan sebaik mungkin dalam hal pemasaran dan lainnya, sehingga menjadi produk Kabupaten Katingan.

“Selanjutnya bisa dipasarkan lagi, baik di dalam daerah maupun kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah, termasuk pula ke provinsi tetangga,” imbuhnya.

Hal yang juga tidak kalah penting, tambahnya, yakni perlunya peningkatan sarana dan prasarana bisa pertanian. Karena menurut dia, hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil panen para petani.

“Dengan sarana dan prasarana yang memadai, tentu hasil panen para petani akan semakin meningkat,” tutur anggota dewan asal Daerah Pemilihan Katingan II yang meliputi wilayah kecamatan Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai dan Katingan Kuala ini. (ndi)

DMCA.com Protection Status