fbpx

Warga Katingan Keluhkan Sampah Menumpuk di Tumbang Samba

Warga Katingan
Pj Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si saat melihat tumpukan sampah di tepian jalan wilayah Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, baru-baru ini. Foto: IST

KASONGAN – Tumpukan sampah di tepian jalan wilayah Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan sejauh ini menjadi sorotan berbagai kalangan dan dikeluhkan masyarakat.

Bahkan Penjabat (Pj). Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si di sela melaksanakan safari ramadan di wilayah hulu baru-baru ini, menyempatkan diri meninjau lokasi tumpukan sampah tersebut untuk kemudian dicarikan solusinya.

Sebab, persoalan sampah sejauh ini masih menjadi pekerjaan rumah di Kabupaten Katingan.

Pada kesempatan ini, Pj. Bupati didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Katingan, Hariawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yobie Sandra, Kasat Pol PP Pimanto, dan Camat Katingan Tengah Purwoko.

Pj. Bupati memberikan solusi untuk menambah unit armada angkut dalam mengatasi penumpukan sampah di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah Tengah tersebut. Sebab dari informasi yang dia dapat, jumlah armada pengangkut sampah yang ada saat ini masih terbatas.

“Kedepan, menurut kami harus ada penambahan armada angkutan sampah di Tumbang Samba ini. Sehingga sampah tidak sampai menumpuk hingga beberapa hari, karena dengan penambahan jumlah armada angkut, maka bisa langsung dibuang ke TPA,” ujar Saiful.

Tiap tahun, sampah di Tumbang Samba tersebut volumenya semakin meningkat. Sehingga jika hanya mengandalkan armada angkutan (truk) yang ada saat ini, menurutnya pengangkutan dari TPS ke TPA tidak bisa habis dalam satu hari.

“Untuk itu, sangat diperlukan penambahan armada pengangkut sampah yang baru,” imbuhnya.

Sementara Camat Katingan Tengah, Purwoko mengaku permasalahan sampah di wilayahnya sudah sejak lama terjadi, karena minimnya armada angkut sampah.

“Harapannya dalam waktu dekat rencana penambahan armada angkut sampah tersebut bisa terealisasi,” katanya. (ndi)

DMCA.com Protection Status