fbpx

Dewan Katingan Sepakat Penambahan Armada Angkut Sampah 

Dewan Katingan
Anggota DPRD Katingan, Rudi Hartono, S.S.Sos sepakat jika penambahan armada angkutan sebagai salah satu solusi untuk menuntaskan permasalahan tumpukan sampah di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah. Foto: IST

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono, S.S.Sos sepakat jika penambahan armada angkutan sampah sebagai salah satu solusi untuk menuntaskan permasalahan tumpukan sampah di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah.

Karena menurut dia, masalah sampah di Tumbang Samba ini tidak bisa hanya diselesaikan dengan aturan dan larangan saja. Tapi harus pula diiringi dengan penyediaan sarana dan prasarana (sarpras) yang memadai.

“Jika hanya menggunakan satu unit truk angkutan sampah dari TPS ke TPA dan sering rusak, maka sampai kapanpun tidak bisa menyelesaikan permasalahan tumpukan sampah di Tumbang Samba,” ujarnya, baru-baru ini.

Oleh karena itu, Politisi Partai Golkar ini mengaku sangat mengapresiasi Penjabat Bupati Katingan bersama rombongan yang sudah menyempatkan diri melihat langsung bagaimana kondisi tumpukan sampah di Tumbang Samba.

“Dengan adanya penambahan armada angkutan, diharapkan nantinya penanganan sampah di Tumbang Samba ini bisa segera teratasi,” imbuhnya.

Rudi mengungkapkan, jika pihak DPRD sebenarnya sudah mengesahkan pengadaan armada angkutan sampah berupa satu unit dump truk ambrol beserta baknya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024.

“Sehubungan dengan itu lah, kami berharap pengadaannya dapat terealisasi datau terlaksana secepatnya di tahun 2024 ini,” ucapnya.

Hal ini mengingat, permasalahan sampah di Tumbang Samba yang memiliki ratusan kios, warung makan dan toko sudah sangat memprihatinkan. Karena kalau tetap menggunakan armada angkutan yang ada saat ini, dikhawatirkan tumpukan sampah kian membludak.

“Pasalnya kondisi armada pengangkut sampah ini sudah tuda dan sering rusak,” sebut anggota dewan asal Daerah Pemilihan Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (ndi)

DMCA.com Protection Status