fbpx

Pj Bupati Katingan Optimis Capaian Target PAD Lampaui 80 Persen

Katingan
Pj Bupati Katingan Optimis Capaian Target PAD Lampaui 80 Persen

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Syaiful, SP, M.Si mengaku optimis capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Katingan Tahun 2023 ini bisa lebih dari 80 Persen. Karena menurut dia, berdasarkan laporan dan informasi dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Katingan, pada akhir Oktober 2023 lalu PAD sudah mencapai 74 persen lebih.

BACA JUGA: Pembunuh di Tumbang Rungan Terancam 15 Tahun Penjara

“Sehingga jelang akhir tahun 2023 nanti, saya yakin PAD yang kita dapatkan nanti meisa lebih dari 80 persen. Untuk mengetahui lebih jelas lagi berapa jumlah yang sudah capaiannya, pada awal Desember 2023 akan dilakukan evaluasi. Di dalam evaluasi nanti akan diketahui kenaikannya, tunggu saja hasilnya pada awal Desember nanti,” ujarnya pada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

BACA JUGA: Kapal Diduga Tenggelam, ABK Menghilang di Lautan

Pada kesempatan itu, Saiful juga membeberkan jumlah serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 yang sudah berjalan sejak Januari hingga awal Oktober 2023, yakni mencapai 62 persen.

BACA JUGA: Kalteng Putra Tumbang di Kandang

“Kita sudah menandatangani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) beberapa pekan lalu, sehingga tentu saja serapannya bertambah atau meningkat dari bulan Oktober 2023,” jelasnya.

BACA JUGA: Maling Berseragam PNS Berhasil Diringkus

Menurut Pj. Bupati, untuk mengetahui peningkatan jumlah serapan anggaran tersebut, pada awal Desember 2023 juga akan dilakukan evaluasi bersamaan dengan evaluasi PAD.

Dia menyebut, berdasarkan kalkulasi yang didapat dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan, untuk serapan APBD tahun anggaran 2023 ini pada dasarnya semua mengalami peningkatan.

“Terutama pada Dinas dan Badan yang mengelola anggaran yang besar. Kami yakini, jelang akhir Desember 2023 nanti serapan APBD bisa melebihi dari 95 persen,” katanya. 2023)

Writer: KaltengokeEditor: Admin2
DMCA.com Protection Status