fbpx

Pemerintah Daerah Apresiasi TNI Laksanakan Program Penghijauan

Pemerintah Daerah
Sekda Katingan Pransang, S.Sos bersama sejumlah pejabat saat melakukan penanaman bibit pohon di bahu jalan depan Kantor Pabung 1015/Sampit di Kasongan, Kamis (29/9/2022). Foto: Suandi

KASONGAN – Jajaran Pabung 1015/Sampit di Kasongan melaksanakan penanaman dan penghijauan sejuta pohon dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-77 Tahun 2022, Kamis (29/9/2022). Penanaman secara simbolis dilakukan di sepanjang tepi jalan depan Kantor Pabung, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Katingan.

Hadir saat acara tersebut antara lain Sekda Katingan Pransang, S.Sos, Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto, S.Sos, Perwira Penghubung 1015/Sampit di Kasongan Mayor (Chk) Suryanto, Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo, SH, SIK, MIK, perwakilan Kejaksaan Negeri Katingan dan Pengadilan Negeri Kasongan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Katingan, Hap Baperdo.

Pada kesempatan itu, Sekda Katingan mewakili pemerintah daerah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI yang telah melaksanakan penghijauan tersebut. Pasalnya menurut dia, sudah lama kegiatan seperti ini tidak dilaksanakan.

“Meski Moto Kasongan adalah Kota Hijau, tapi alangkah lebih baiknya jumlah pohon yang ada kita pelihara dan tambah lagi penghijauan dengan berbagai jenis,” tuturnya saat diwawancara sejumlah wartawan, usai kegiatan.

Dia menjelaskan, memang ini program penanaman dan penghijauan sejuta pohon. Namun khusus untuk di Kabupaten Katingan tidak semua, karena berbagi untuk satu wilayah Kodam Tanjungpura se-Kalimantan.

“Meski demikian, dengan adanya penanaman dan penghijauan merupakan kegiatan positif agar lingkungan selalu terasa sejuk, indah dan nyaman serta banyak hutan-hutan,” imbuhnya.

Dia berharap, kondisi seperti ini di Kabupaten Katingan harus tetap dipertahankan. Karena sangat jarang di kota-kota lain meski cukup lama dan tua, tetapi keadaanya tandus.

“Namun di Katingan, kita memulai pembangunan dari tengah hutan. Jadi hutan yang ada kita pelihara, kelola, atur dan tata dengan baik sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu, juga sebagai objek wisata,” katanya.

Dia mengucapkan terima kasih pada pihak TNI, karena sudah melaksanakan kegiatan ini dan dipersilahkan menanam sampai semua bibit yang tersedia habis. Bisa di kiri dan kanan jalan, atau pun dalam lingkungan perkantoran ditanam jenis-jenis pohon yang kuat, bagus dan rindang serta bermanfaat.

“Ada juga bibit petai yang ditanam. Selain untuk penghijauan, tanaman ini juga menghasilkan secara ekonomis karena bisa dijual,” ujarnya.

Sementara Perwira Penghubung 1015/Sampit di Kasongan Mayor (Chk) Suryanto menjelaskan, dalam rangka HUT TNI ke-77 Tahun 2022 ini pihaknya melakukan penanaman dan penghijauan. Diupayakan untuk setiap Kodim, bisa menanam 1.000 bibit pohon.

“Nanti di bagi ke masing-masing koramil, termasuk daerah kecamatan dan kabupaten diupayakan minimal 300 pohon. Yang ditanam adalah jenis pohon yang kuat seperti Trembesi, Mahoni dan lainnya. Selain penghijauan, pohon tersebut untuk resapan air dan lainnya supaya memberikan suatu manfaat di masa depan,” ungkap Pabung. (ndi)

DMCA.com Protection Status