fbpx

Petugas Pantarlih Datangi Rumah Sekda Kobar

pantarlih
Petugas pantarlih yang didampingi Komisioner KPU, Isnawiyah saat pencoklitan di kediaman Sekda Kobar, Rody Iskandar. FOTO: FIT

PANGKALAN BUN – Kedatangan petugas Pantarlih disambut baik saat ke kediaman Sekda Kotawaringin Barat (Kobar), Rody Iskandar yang berlokasi di Perumahan Bukit Asri, Kelurahan Mendawai, Rabu (26/6/2024) sore. Pencoklitan di hari ketiga ini turut didampingi oleh Komisioner KPU Kobar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Isnawiyah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar, Chaidir, mengatakan setiap petugas Pantarlih sebelumnya sudah diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait prosedur pencoklitan atau pencocokan dan penelitian data pemilih.

“Dengan Bimtek yang sudah diberikan, kami tekankan maka coklit harus melakukannya sesuai dengan petunjuk teknis yang benar, mulai dari datang dari rumah ke rumah, mencocokkan data pemilih dan lainnya,” ucapnya.

Chaidir menambahkan, pada masa pencoklitan ini juga diadakan evaluasi mingguan guna mengetahui kendala yang dihadapi oleh petugas Pantarlih serta bagaimana dapat mengatasinya.

“Evaluasi kami lakukan berdasarkan catatan yang ditemukan di lapangan dan┬ámencarikan solusi dari kendala yang ada. Ini penting sehingga nantinya data yang diperoleh merupakan data pemilih yang akurat, valid dan bisa dipertanggung jawabkan,” tukasnya.

Sementara itu, Sekda Kobar, Rody Iskandar pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pencoklitan menjadi bagian penting untuk memastikan data setiap warga agar terdaftar sebagai pemilih tetap untuk Pilkada mendatang. Dengan pencoklitan dari rumah ke rumah, daftar pemilih harus benar-benar update sesuai fakta dan kondisi di lapangan.

“Alhamdulillah sudah tiba giliran kedatangan petugas Pantarlih. Saya mengimbau kepada masyarakat agar jangan merasa segan atau bahkan menolak apabila ada petugas pantarlih datang ke rumah. Karena ini merupakan kepentingan kita bersama yang diharapkan terwujudnya kesuksesan penyelenggaraan Pilkada serentak,” pungkasnya. (fit/cen)

DMCA.com Protection Status