fbpx

Tingkatkan Kualitas SDM dan Minat Baca Masyarakat

Tingkatkan Kualitas SDM
Sekda Katingan Pransang, S.Sos bersama pejabat lainnya, narasumber dan perwakilan peserta saat menghadiri Bimbingan Teknis Tenaga Pengelola Perpustakaan dan Pustakawan, Senin (24/6/2024). Foto: IST

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan telah membangun dan membenahi perpustakaan sampai ke pelosok desa serta telah menyediakan bahan bacaan. Sehingga diharapkan, dapat mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia dan minat baca masyarakat.

Hal itu juga, merupakan salah satu upaya memotivasi masyarakat, agar bersemangat dalam mengembangkan dan memperluas wawasannya. Hal ini disampaikan oleh Penjabat Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan Pransang, S.Sos, saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Pengelola Perpustakaan dan Pustakawan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan Tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bapedalitbang Kabupaten Katingan, Senin (24/6/2024).

Disampaikannya juga, bahwa penyediaan perpustakaan dan bahan bacaan saja tidak cukup, apabila tanpa diimbangi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia pengelola perpustakaan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

“Selain itu perlu juga diperhatikan pola pengembangan dan pembinaan, serta perbaikan mutu pengelolaan dan pelayanan yang diberikan. Artinya kita perlu memikirkan upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas koleksi buku perpustakaan, serta penyediaan tempat yang nyaman bagi masyarakat,” jelasnya.

Sekda mengungkapkan, bahwa dalam amanat Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Pasal 7 (1) poin g menyatakan bahwa membina dan mengembangkan kompetensi, profesionalisme pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan adalah tugas dan tanggung jawab pemerintah selaku instansi pembina.

“Selain itu, kita juga dituntut agar senantiasa menjalin dialog dan koordinasi, sebagai upaya dalam menumbuhkan suasana harmonis. Itu dimaksudkan, agar menghidupkan masyarakat untuk selalu mencari wawasan, pengetahuan, berkepribadian disiplin. Sehingga, sumber insani pembangunan berkualitas dapat terwujud,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya juga, bahwa untuk memaksimalkan fungsi perpustakaan, maka sumber daya manusia pengelola perpustakaan perlu dibekali dengan bimtek. Kegiatan itu diharapkan, dapat meningkatkan kualitas layanan dan penelolaan perpustakaan.

“Sehingga pada gilirannya, akan meningkatkan minat baca masyarakat serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat itu sendiri. Dengan memperhatikan fungsi dan peran penting perpustakaan, maka dalam kesempatan ini saya berharap, dengan adanya bimtek ini, dapat menambah wawasan bapak dan ibu sekalian,” imbuh Pransang. (ndi)

DMCA.com Protection Status