fbpx

Sekda Katingan Pimpin Rapim TEPRA Triwulan I 2024

Sekda Katingan
Sekda Katingan Pransang, S.Sos memimpin Rapim TEPRA dan Rakordal Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kabupaten Katingan Triwulan I Tahun 2024, Kamis (18/4/2024). Foto: IST

KASONGAN – Sekda Kabupaten Katingan Pransang, S.Sos memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) dan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kabupaten Katingan Triwulan I Tahun 2024. Acara tersbeut dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bappedalitbang Kabuaten Katingan, Kamis (18/4/2024).

Rapat tersebut dihadiri pula oleh unsur Forkopimda Asisten II Setda Katingan, Eka Suryadilaga, Kepala Bappedalitbang Katingan Junianto serta para kepala OPD lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan dan perwakilannya, camat se-Kabupaten Katingan dan undangan lainnya.

Dalam laporannya, Sekda menyampaikan, bahwa pelaksanaan rapat tersebut berlatar belakang pelaksanaan anggaran dan pengelolaan pendapatan oleh seluruh perangkat daerah dan kecamatan dalam pencapaian indikator kinerja daerah serta target-target pembangunan yang telah ditetapkan.

“Tujuan rapat untuk mengetahui realisasi pendapatan dan penyerapan anggaran pada perangkat daerah sampai dengan Triwulan I Tahun Anggaran 2024,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Pransang, untuk memonitoring realisasi penyerapan anggaran yang telah dilakukan oleh pemangku kepentingan. Baik perangkat daerah dan kecamatan di lingkungan Pemkab Katingan.

“Sehingga dapat terlaksana sesuai target yang telah ditetapkan, yaitu untuk Triwulan I sebesar 20 persen, Triwulan II 50 persen, Triwulan III 85 persen dan Triwulan IV sebesar 100 persen,” ujarnya.

Tujuan lainnya, untuk mengetahui sejauh mana kemajuan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan masalah yang dihadapi dalam pelaksanaannya sampai dengan Triwulan I.

“Kemudian, memberikan arahan atau petunjuk kepada segenap instansi tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi,” imbuhnya.

Sekda mengungkapkan, keluaran yang diharapkan melalui rapat ini adalah bisa menghasilkan capaian target penyerapan anggaran yang telah ditetapkan. Termasuk pula, dapat menghasilkan capaian indikator kinerja pembangunan Kabupaten Katingan sampai dengan Triwulan I Tahun 2024.

“Ini sebagai pencapaian awal pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah (RDP) Kabupaten Katingan Tahun 2024-2026,” ucapnya. (ndi)

DMCA.com Protection Status