fbpx

Pembangunan dan Peningkatan Jalan di Wilayah Hulu Mesti Diprogramkan

Pembangunan dan Peningkatan
Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Sugianto SH mengharapkan agar pemerintah daerah bisa memprogramkan pembangunan dan peningkatan sejumlah ruas jalan di wilayah hulu. Foto: IST

KASONGAN – Masyarakat, khususnya di wilayah hulu Kabupaten Katingan berharap, agar segera terealisasinya pembangunan badan jalan di sejumlah kecamatan. Pasalnya, jalan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting guna membuka keterisolasian dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Sugianto, SH menuturkan, jika akses transportasi darat yakni jalan sangat diharapkan masyarakat, khususnya di wilayah hulu.

“Karena jika warga ingin ke berangkat ke kebun atau lahan pertanian mereka, selalu melalui akses jalan darat. Termasuk pula, jika ingin menuju ke wilayah lainnya untuk berbelanja,” katanya pada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Diakuinya, memang masyarakat di bagian hulu sebenarnya masih ada solusi lain selain jalan darat. Yakni, melalui jalur sungai dengan menggunakan armada kelotok atau perahu.

“Namun untuk saat ini, kalau menggunakan kelotok atau sejenisnya tidak sebanding antara biaya yang dikeluarkan dengan hasil yang didapat,” ujar Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Pasalnya, lanjut Sugianto, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) cukup tinggi dan terkadang kosong, sehingga masyarakat kesulitan mendapatkannya. Akibatnya, banyak warga yang sudah tidak lagi menggunakan kelotok maupun perahunya untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

“Saat ini, kebanyakan masyarakat sudah menggunakan kendaraan roda dua,” terangnya.

Terkait itu, dia berharap, kepada pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Katingan agar bisa memprogramkan pembangunan dan peningkatan sejumlah ruas jalan di sejumlah wilayah kecamatan bagian utara.

“Dengan harapan, itu nantinya akan meningkatnya perekonomian masyarakat setempat,” imbuhnya.

Menurut Sugianto, jika ada jalan yang merupakan wewenang Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat, hendaknya pihak Dinas PUPR bisa melakukan lobi agar segera terealisasi pembangunannya.

“Hendaknya jangan hanya menunggu anggaran dari Pemerintah Kabupaten Katingan,” tegas anggota dewan asal Daerah Pemilihan Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (ndi)

DMCA.com Protection Status