fbpx

Pj Bupati Lantik Damang Kepala Adat Katingan Hilir

Pj Bupati Lantik Damang
Penjabat Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si melantik Dunes B. Gasan sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir periode 2024-2030, baru-baru. Foto: IST

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si melantik Dunes B. Gasan sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir periode 2024-2030, di Aula Lantai II Kantor Bappedalitbang Kabupaten Katingan, baru-baru ini.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekda Katingan, Pransang, S.Sos dan sejumlah kepala OPD, Camat Katingan Hilir, lurah, dan kepala desa se-Kecamatan Katingan Hilir.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati K menyampaikan bahwa tugas dan fungsi Damang Kepala Adat di Kabupaten Katingan cukup berat. Mengingat di pundak Damang Kepala Adat terpikul beban dan tanggung jawab untuk menegakkan budaya Huma Betang dan Belom Bahadat.

“Itu dilakukan dengan cara pemberdayaan, melestarikan dan mengembangkan adat istiadat Serta lembaga adat khususnya di Kabupaten Katingan. Selain itu, Damang Kepala Adat juga harus ikut menjaga kerukunan dan kedamaian antar golongan,” tutur Saiful.

Menurut dia, Damang Kepala Adat merupakan mitra camat dalam bidang pemberdayaan, pelestarian, pengembangan adat istiadat, kebiasaan-kebiasaan masyarakat serta lembaga adat serta hukum adat di wilayahnya.

“Memperhatikan tugas dan tanggungjawabnya, saya berharap itu tidak menjadi surut akibat terbatasnya sarana dan prasarana maupun insentif yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Katingan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati meningkatkan Dunes B. Gasan untuk selalu bersikap dan berperilaku bijak. Sehingga, tidak ada pihak-pihak yang merasa tersisih dan ditinggalkan.

“Dengan berbekal hal itu, upayakanlah untuk menciptakan suasana aman kondusif di wilayah saudara. Terlebih-lebih dalam pelayanan kepada masyarakat, saudara juga harus dapat bertindak seadil-adilnya sesuai dengan sumpah yang baru saja saudara ucapkan,” pesannya.

Dengan diakhiri dengan doa dan harapan yang tulus, Saiful mengharapkan Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir yang baru dilantik mampu memperkokoh keberadaan lembaga adat.

“Termasuk pula, mewujudkan kesejahteraan dan keharmonisan masyarakat dalam bingkai budaya yang kaya dan beragam,” ujarnya. (ndi)

DMCA.com Protection Status