fbpx

PBS di Katingan Diminta Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

PBS di Katingan
Anggota DPRD Kabupaten Katingan Muhammad Efendi, S.Hut berharap agar keberadaan PBS bisa mensejahterakan masyarakat terutama yang berada di sekitarnya. Foto: IST

KASONGAN – Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan meminta, perusahaan besar swasta (PBS) yang beraktivitas di wilayah Penyang Hinje Simpei agar lebih memperhatikan masyarakat sekitar. Terutama ketika perusahaan menerima tenaga kerja, diharapkan agar tetap memprioritaskan putra daerah atau warga lokal.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Muhammad Efendi, S.Hut mengatakan, jika di daerah ini banyak PBS yang berada di wilayah Kabupaten Katingan ini. Sehingga diharapkan, keberadaan perusahaan tersebut bisa mensejahterakan masyarakat, terutama yang berada di sekitarnya.

“Banyak sekali PBS yang beroperasi di daerah kita ini, seperti di bidang perkebunan, pertambangan maupun HPH. Sehingga kami berharap, perusahaan tersebut bisa merekrut dan memprioritaskan tenaga kerja lokal sebagai karyawannya. Dengan begitu, secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Fendi, baru-baru ini.

Menurutnya, putra daerah tidak boleh sebagai penonton dan hanya menyaksikan di wilayah sendiri. Hal tersebut dimaksudkan, agar roda perekonomian dan penyerapan tenaga kerja di Katingan semakin membaik.

“Perekrutan tenaga kerja lokal dari Katingan ini, sebaiknya tidak hanya ditempatkan menjadikan pekerja biasa. Namun, bisa ditempatkan pada tenaga ahli, tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki,” kata Politisi Partai Demokrat ini.

Menurutnya, perekrutan tenaga kerja profesional bisa dilihat dari latar belakang pendidikan dan ketrampilan yang dimiliki. Seperti lulusan teknik mesin, bisa ditempatkan di bagian operasional mesin dan lainnya.

“Hendaknya para pemuda asli Katingan yang bekerja di beberapa PBS dapat bekerja dengan tekun dan rajin. Sehingga, perusahaan dapat mempertahankan posisi pekerja agar menjadi lebih sejahtera nantinya,” imbuhnya. (ndi)

DMCA.com Protection Status