fbpx

Masyarakat Gumas Diminta Waspada Melewati Jalan Lintas

Masyarakat Gumas
Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Evandi. Foto: Sepanya

KUALA KURUN – Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) meminta, perusahaan agar selalu peduli terhadap keselamatan masyarakat yang melintasi Jalan Lintas Kuala Kurun – Palangka Raya.

Kondisi itu, Anggota DPRD Kabupaten Gumas Evandi meminta, masyarakat saat melintas di Jalan Kuala Kurun-Palangka Raya agar selalu berhati-hati dan waspada

Dia juga mengakuinya, masyarakat sangat terdampak oleh debu dari angkutan dari perusahaan, pertambangan, perkebunan dan kehutanan tersebut.

“Untuk masyarakat kita, agar berhati-hati serta waspada saat melintas jalan lintas Kuala Kurun – Palangka Raya, kendaraan dari PBS sudah mulai banyak. Kemudian dampak debu dari angkutan Batu Bara yang melewati jalan umum ini.

Sebaliknya juga perusahaan harus ada kepedulian terhadap kesehatan warga yang melintas,” ucap Evandi Juang, belum lama ini.

Selain itu juga, kata politisi dari Partai Nasdem ini menyebut, karena polusi angkutan menimbulkan debu dari angkutan, dari perusahaan, seperti angkutan Batu Bara dan lainnya itu dapat menimbulkan, efek bagi masyarakat, misalnya penyakit paru.

“Efek dari angkutan ini banyak. Salah satunya kesehatan masyarakat menurun, karena debu angkutan dari angkutan oleh beberapa perusahaan Batu Bara yang melintasi jalan umum itu. Seperti penyakit paru-paru hitam,” terangnya.

Selain itu, kata dia, kondisi Jalan Kuala Kurun-Palangka Raya saat ini, selain menimbulkan kerusakan yang cukup parah, terdapat juga pencemaran polusi udara oleh debu angkutan. Bahkan kendaraan angkutan yang terbalik dan berceceran sepanjang jalan.

“Untuk itu, saya meminta agar terkait, baik di tingkat daerah, bahkan tingkat provinsi Kalteng. Supaya mengambil langkah tegas, ke beberapa perusahaan yang menggunakan jalan lintas Kuala Kurun-Palangka Raya ini,” pungkasnya. (nya/abe)

DMCA.com Protection Status