fbpx

Kedepankan Humanisme Dalam Menjalankan Tugas di Lapangan

Kedepankan Humanisme
Sekda Katingan, Pransang, S.Sos saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-105 Damkar dan HUT ke-62 Satlinmas di halaman Kantor Bupati Katingan, baru-baru ini. Foto: IST

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan menggelar upacara dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), baru-baru ini.

Kegiatan di Halaman Kantor Bupati Katingan, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan, Pransang, S.Sos sebagai inspektur upacara. Hadir pula kala itu, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah, pejabat eselon III dan ASN di lingkup Pemkab Katingan serta unsur Forkopimda.

Penjabat Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si dalam pidatonya yang dibacakan Sekda, menyampaikan, apresiasi serta penghargaan  terhadap peran krusial Damkar dan Satlinmas dalam menjaga keamanan serta kenyamanan masyarakat.

“Dua lembaga ini telah memberikan kontribusi besar dalam menanggulangi bencana dan memberikan perlindungan kepada masyarakat. Kita berterimakasih atas dedikasi dan pengorbanan mereka selama ini,” ujarnya.

Pransang meminta, agar agar Damkar dan Satlinmas berperan aktif dalam menjaga stabilitas dan keamanan dengan mengedepankan humanisme dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Dia juga mengingatkan, agar senantiasa memprioritaskan aspek pencegahan dalam penanggulangan kebakaran.

“Petugas damkar tidak hanya bekerja pada saat terjadi kebakaran saja. Tetapi sebelum terjadi kebakaran, petugas harus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar turut berperan dalam upaya penanggulangan apabila terjadi kebakaran,” tutur sekda.

Menurut dia, upacara peringatan ini bukan hanya sebagai penghormatan terhadap sejarah. Tetapi juga, sebagai momentum untuk terus meningkatkan kapabilitas Damkar dan Satlinmas dalam menghadapi tantangan masa depan.

“Sehingga, masyarakat dapat merasa aman karena adanya dukungan dari kedua lembaga ini,” imbuhnya.

Sekda menambahkan, jika peringatan ini menjadi bukti nyata komitmen Pemkab Katingan dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warganya.

“Terus lah menjadi pengayom masyarakat yang profesional dan kompeten. Tingkatkan integritas dan kualitas pelayanan publik, laksanakan tugas dan jalankan fungsi pelayanan dengan tulus,” pesannya. (ndi)

DMCA.com Protection Status