fbpx

Pemkab Kobar Raih Pahari Award

Pemkab Kobar
PENYERAHAN : Pj. Bupati Kobar Budi Santosa, menerima penyerahan penghargaan Pahari Award Bank Indonesia, Rabu (29/11/23). FOTO : IST FOR PE

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) sejauh ini telah mampu mengadakan tata kelola pelayanan yang baik. Sektor pendapatan dan belanja daerah menjadi dua sektor unggul yang didukung dengan adanya implementasi dari Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

BACA JUGA: Ribuan Rokok dan Minuman Ilegal Dimusnahkan

Hal tersebut atas upaya daerah dalam keberhasilan menciptakan ekosistem ETPD ini, Bank Indonesia kepada Pemkab Kobar memberikan penghargaan Pahari Award pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023 yang bertajuk Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional.

BACA JUGA: Ungkap Penyimpangan Jaringan Perpipaan

Penyerahan piala penghargaan diterima langsung oleh Pj. Bupati Kobar Budi Santosa di gedung Bank Indonesia Palangka Raya, Rabu (29/11/2023) malam. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kobar, Nur Syah Ikhsan yang turut mendampingi mengatakan bahwa capaian yang membanggakan ini dilalui dengan  pemenuhan persyaratan yang telah ditetapkan Bank Indonesia sehingga layak didapatkan penghargaan.

BACA JUGA: Sungai Anyam Meluap, Akses Jalan Terputus

“Beberapa indikator diantaranya pada sektor pendapatan daerah, Kobar mampu membuat tata kelola pelayanan pajak daerah dalam sistem digital, mudahnya membayar pajak melalui perluasan kanal pembayaran, dimana wajib pajak bisa membayar nontunai secara online pada bank daerah ataupun bank mitra kita. Selain itu juga di sektor belanja Kobar telah menerapkan transaksi secara elektronifikasi,” ujar Ikhsan ketika dihubungi pada Kamis (30/11/2023).

BACA JUGA: Ngamuk di Rumah Sakit, Pria Ini Diciduk Polisi

Ia bersyukur bersama atas dukungan kebijakan dari Pj. Bupati Kobar akhirnya diraihlah Pahari Award Bank Indonesia sebagai Kabupaten dengan kemajuan digitalisasi ekonomi daerah terbaik se- Kalteng. Diharapkan melalui penghargaan ini mampu memacu inovasi sistem tata kelola yang lebih mumpuni.

“Dengan implementasi program ETPD mampu menjadikan pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah lebih efisien, transparan, dan akuntabel sehingga berujung pada meningkatnya Pendapatan Asli Daerah,” tandasnya. (fit/nur)

Writer: KaltengokeEditor: Kaltengoke
DMCA.com Protection Status