fbpx

Kapal Bermuatan Pupuk Terbakar

Di Pelabuhan Ijai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar

Terbakar
TERBAKAR: Kapal KM. Cahaya Mulia 2 terbakar di Pelabuhan Ijai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, terbakar pada Senin (20/11/2023) sekitar pukul 05.14 WIB. Foto: IST

PALANGKA RAYA – KM. Cahaya Mulia 2 di Pelabuhan Ijai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, terbakar pada Senin (20/11/2023) sekitar pukul 05.14 WIB.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas III Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Harry Suyanto, membenarkan kejadian ini.

“Dari laporan diketahui KM. Cahaya Mulia 2 terjadi kebakaran sekitar pukul 05.14 WIB di Dermaga Ijai, Kecamatan Kumai,” kata Harry Suyanto.

Saat berada di lokasi, api sudah membesar. Upaya pemadaman dilakukan oleh tim gabungan kurang lebih satu jam, selanjutnya dilakukan pendinginan. Untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui.

Rizky menjelaskan, dari keterangan kapten kapal. Kapal berisi 10 orang ABK dan kru serta bermuatan pupuk tersebut sandar sejak Minggu (19/11/2023) kemarin di lokasi setempat.

Saat itu kapal dalam proses untuk melakukan pembongkaran pupuk. Namun esok hari tepatnya Senin (20/11/2023) ini telah terbakar.

“Untuk kerugian belum kita ketahui, karena saat ini masih didata petugas terkait. Jadi karena baru sandar di dermaga pihak kapal belum menyerahkan manifestnya,” ungkap Harry.

Dalam pemadaman dan penyelamatan pihaknya bekerja sama dengan, tugboat pemadam Pelindo, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kobar, dibantu dari Pos Pol Airud dan Pos Angkatan Laut, Pemadam Kumai.

Saat ini KM. Cahaya Mulia 2 dikandaskan di posisi yang aman di seberang pelabuhan. Sebanyak 10 orang ABK dan kru berhasil selamat dalam insiden ini.

“Alhamdulillah tidak ada korban yang meninggal dan luka bakar dalam insiden tersebut. Terkait penyebab kebakaran ini, masih ditangani pihak Polisi,” pungkasnya. (rdo/cen)

BACA JUGA: Masyarakat Diimbau Waspada Ular di Musim Hujan

BACA JUGA: Sosialisasikan Pengelolaan DTKS Pusdatin Kemensos RI ke 30 Kelurahan

BACA JUGA: Waket I DPRD Hadiri Pembukaan MTQH Kobar

BACA JUGA: Raperda APBD 2024 Disesuaikan dengan Keuangan Daerah

DMCA.com Protection Status