fbpx

APILL Dipasang di 4 Titik, Bisa Deteksi Kendaraan yang Berhenti

APILL dipasang
Penguna jalan saat berhenti di lampu merah. Foto:Rdo.

PALANGKA RAYA – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Kalteng,  telah selesai melaksanakan pemasangan alat pengendali isyarat lalu lintas (APILL), pada 4 lokasi di Kota Palangka Raya.

Penambahan APILL yang dipasang terlihat di sejumlah ruas jalan protokol Kota Palangka Raya. Sebanyak 4 unit traffic light dengan sistem canggih area traffic control system (ATCS) telah terpasang.

Kepala BPTD XVI, Buang Turasno, mengatakan sejumlah APILL yang dipasang atau biasa dikenal dengan lampu merah yang dipasang ini disertai fasilitas ATCS atau area traffic control system

“Sistem ini dapat mendeteksi kapasitas kendaraan yang sedang berhenti secara otomatis melalui kamera yang terpasang di lampu merah dan disesuaikan dengan waktu lampu hijau menyala pada kaki simpang tersebut, dengan demikian akan memperpendek panjang antrean kendaraan. Sebelumnya kan manual yang bisa diperhitungkan berapa-berapa detiknya,” jelasnya.

Dengan penambahan 4 ATCS, maka saat sekarang ini di Kota Palangka Raya sudah terpasang ATCS di 10 Lokasi.

“4 ATCS yg baru terpasang, lokasinya  di Bundaran Burung, Simpang Empat Kereng Bangkirai (Simpang arah Banjarmasin),  pertigaan Jalan Hiu Putih, Jalan Tjilik Riwut (Km 7)  dan Pertigaan Jalan Tjilik Riwut dan Jalan Maher Mahar (Km 10) , katanya kepada awak media.

BACA JUGA : Peduli Sesama, Lapas Perempuan di Palangka Raya Berbagi Paket Sembako

Pemasangan traffic light di Bundaran Burung, dirasa sudah mendesak selain sudah begitu padatnya arus lalu lintas di bundaran tersebut juga sesuai data dari Kepolisian sering terjadi kecelakaan.

Pada saat ini traffic light di simpang tiga katedral sedang mengalami kerusakan pada power supply yang tersambar petir beberapa waktu lalu, saat ini sedang kami upayakan untuk perbaikan karena masih menunggu datangnya onderdil, yang kami pesan dari Yogyakarta.

Mohon doanya semoga kerusakan dapat secepatnya kami tangani dan traffic ligh dilokasi tersebut dapat segera kami tangani dan beroperasi kembali. (rdo/cen)

DMCA.com Protection Status