fbpx

320 Jemaah Haji Kalteng Tiba di Tanah Air

jemaah haji
Jemaah haji kloter 3 asal Kalteng mendarat di tanah air, Rabu (26/6/24).FOTO: IST

PALANGKA RAYA – Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin asal Kabupaten Kapuas dan Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendarat di Bandara Syamsudin Noor, Rabu 26 juni 2024 pukul 05.30 WITA. Sebanyak 320 jemaah haji dipulangkan dengan penerbangan Garuda GA8203 dari Jeddah Arab Saudi.

Gelombang pertama dari kepulangan jemaah haji tahun 2024 itu disambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalteng, H. Noor Fahmi di Asrama Haji Banjarmasin.

Noor Fahmi sempat mengecek menu yang disiapkan untuk menyambut jemaah haji. Ada sate dan soto banjar yang tentunya menu ini bisa mengobati rasa kangen jemaah dengan masakan daerah.

“Soto Banjar makanan khas daerah Kalimantan dengan kuahnya yang hangat, sangat pas disajikan bagi jemaah haji yang baru saja tiba,” ujarnya.

Ia juga mendoakan semoga jemaah dalam keadaan sehat sampai pulang ke rumah dan bertemu keluarga di kampung halaman.

“Lakukan konsultasi kesehatan baik di embarkasi maupun saat sudah di daerah ketika ada keluhan dan gangguan kesehatan pasca kepulangan,” pesannya.

Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH), pemerintah daerah, serta pihak yang terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi Banjarmasin, atas dukungan untuk kesuksesan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Setibanya kloter 3 di asrama haji, petugas telah menyiapkan pelayanan kesehatan yang lengkap agar jemaah haji dapat pulang ke tempat asalnya dengan kondisi sehat.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan memeriksa kondisi jemaah dan rekap kesehatan jamaah haji untuk memastikan tidak ada penyakit yang berpotensi menimbulkan wabah di antara jemaah. Jika jemaah sakit akan langsung diantar ke klinik.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, Muhammad Tambrin yang juga Ketua PPIH Banjarmasin menyebutkan jumlah jemaah dan petugas yang sudah tiba di Embarkasi Banjarmasin sampai dengan Kloter BDJ 03 berjumlah 959 orang.

“Jumlah jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat per tanggal 26 Juni 2024 sebanyak 7 (tujuh) orang,” tandasnya.

Sebagai informasi, setelah kedatangan jemaah haji BDJ 03 yang berasal dari Kabupaten Kapuas dan Barito Utara, jemaah haji BDJ 04 yang merupakan jemaah haji asal kabupaten Lamandau, Sukamara, Gunung Mas, Murung Raya dan Kota Palangka Raya dijadwalkan akan tiba pada Kamis, 27 Juni 2024 pukul 16.40 WITA. (ifa/cen)

DMCA.com Protection Status