fbpx

Pendapatan Asli Daerah Harus Terus Dioptimalkan

Pendapatan Asli Daerah
Pejabat Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi  Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah Tahun 2024, baru-baru ini. Foto: IST

KASONGAN – Pejabat (Pj) Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah Tahun 2024, langsung dipimpin Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, baru-baru ini.

Gubernur Kalteng dalam arahannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten atau Kota harus mempunyai tekad dan komitmen yang sama, serta sinergi yang kuat dalam membangun Provinsi Kalimantan Tengah.

“Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus terus dioptimalkan untuk memperkuat kemampuan APBD. Gali berbagai potensi yang dimiliki daerah masing-masing dan prioritaskan pembangunan tetap sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan perekonomian. Upaya percepatan penurunan stunting harus menjadi prioritas, dalam rangka pengembangan SDM Kalteng yang unggul,” tutur Sugianto.

Gubernur Kalteng juga meminta, agar pembangunan sektor infrastruktur dan objek wisata terus didorong. Baik jalan dan jembatan untuk konektivitas maupun ikon daerah.

“Saya mengimbau, agar Pemerintah Provinsi dan Kabupaten atau Kota terus bersinergi dan meningkatkan antisipasi dan penanganan bencana, seperti karhutla dan banjir,” imbuhnya.

Saat sesi tanya jawab, Pj. Bupati Katingan berkesempatan menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Katingan telah berkoordinasi dengan Kementerian KLHK terkait jalan tembus wilayah Kabupaten Katingan.

“Ada pula keluhan petani terkait kekurangan pupuk bersubsidi, sementara produk pertanian mengalami peningkatan,” bebernya.

Turut hadir Pj. Bupati Katingan kala itu antara lain Kepala Bappedalitbang Kabupaten Katingan, Ketua TP PKK Kabupaten Katingan, dan Kabag Pemerintahan Setda Katingan. (ndi)

DMCA.com Protection Status