fbpx

Ratusan Penumpang Mudik Gratis Jalur Laut

Berangkat dari Pelabuhan Kumai dengan Tujuan Semarang

ratusan
KEBERANGKATAN: Penumpang umum berbarengan dengan sejumlah pemudik gratis ketika menuju kapal keberangkatan.  FOTO: FIT
PANGKALAN BUN-Ratusan penumpang mudik gratis dalam rangka libur lebaran tahun 1445 Hijriah jalur laut secara perdana diangkut dengan kapal milik PT. Dharma Lautan Utama (DLU) KM. Kirana yang diberangkatkan dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kamis (4/4/2024).
Kepala PT. DLU Cabang Kumai, Agus Supriyanto, menyebut sebanyak 398 pemudik gratis berlabuh dengan rute Kumai menuju Semarang. Tidak hanya itu, kapasitas KM. Kirana yang memuat 1.076 orang ini telah memberangkatkan total 1.040 penumpang di hari tersebut.
“Untuk total penumpang dari awal puasa hingga hari ini sudah mencapai 14 ribuan. Alhamdulillah ini ada kenaikan 10 persen dari sebelumnya,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai, Harry Suryanto,
menyatakan kegiatan angkutan lebaran tahun 2024 ini dimulai sejak pada tanggal 26 Maret – 26 April 2024. Adapun armada yang bergerak telah dipersiapkan sebanyak enam kapal oleh PT. PELNI dan lima kapal dari PT. DLU.
“Selama tanggal 26 Maret – 26 April ini penumpang yang dapat terangkut berjumlah 56.430 orang. Sedangkan dari tanggal  25 Maret hingga 4 April jumlah penumpang sudah mencapai 10.947 orang,” jelasnya.
Harry mengungkapkan, penumpang kapal di tahun ini angkanya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Dimana mengalami peningkatan hingga sebesar 20 persen. Banyaknya penumpang kapal saat arus mudik diprediksi pada puncaknya di tanggal 7 April mendatang.
“Arus mudik jalur laut insyaallah aman. Ini dilihat dari kondisi cuaca di laut Jawa hingga satu minggu ke depan. Untuk tinggi gelombang hanya berkisar antara 0,5 -1 meter sehingga ini aman bagi kapal,” demikian pungkasnya. (fit/cen)
DMCA.com Protection Status