fbpx

Duta Genre Kecamatan se- Kabupaten Katingan Dikukuhkan

Duta Genre Kecamatan
Asisten III Setda Kabupaten Katingan, Evie Silvia Baboe saat mengkuhkan Duta Genre Kecamatan se-Kabupaten Katingan, baru-baru ini. Foto: IST  

KASONGAN – Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Katingan, Evie Silvia Baboe membuka Pertemuan Tim Percepatan Penanggulangan Stunting (TPPS) dan Pengukuhan Duta Genre Kecamatan se-Kabupaten Katingan.

Kegiatan yang digagas pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Katingan tersebut, dilaksanakan di Aula Lantai I Kantor Bappedalitbang Kabupaten Katingan, baru-baru ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala DP3APPKB Kabupaten Katingan, dr. Robertus Pamuryanto, perwakilan dari BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Katingan, Kepala OPD atau yang mewakili dan  Camat se-Kabupaten Katingan.

Penjabat Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si dalam smabutan tertulisnya yang basakan Asisten III Setda Katingan menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan Pemerintahan saat ini stunting merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalam setiap aktivitas pembangunan.

“Hal ini dikarenakan perbaikan gizi khususnya stunting termasuk dalam prioritas pembangunan kesehatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, pelaksanaan Pertemuan TPPS dan Pengukuhan Duta Genre Kecamatan merupakan langkah penting dan strategis bagi Pemerintah Kabupaten Katingan dan Forum Genre Kabupaten Katingan dalam mencanangkan dan mendeklarasikan komitmen bersama.

“Terutama, untuk menyepakati pelaksanaan intervensi spesifik dan intervensi sensitive guna pencegahan serta percepatan penurunan stunting,” ujar Evie.

Dia meminta, semua pihak yang terkait dengan aksi konvergensi intervensi spesifik dan sensitif, agar senantiasa bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Hal tersebut, untuk menjawab tuntutan serta harapan masyarakat akan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan.

“Mari bahu-membahu dalam melaksanakan setiap integrase, sehingga dapat menurunkan prevalensi stunting yang ada di Kabupaten Katingan. Saya mengimbau kepada Camat, Kepala Desa dan Duta Genre Tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan untuk merencanakan dan menganggarkan kegiatan pencegahan dan penurunan stunting,” ucap Asisten III.

Sebelumnya, Kepala DP3APPKB Kabupaten Katingan melaporkan, bahwa tujuan terlaksananya pertemuan tersebut agar dapat terkoordinasi kegiatan dan indikator capaian  tim percepatan penurunan stunting sampai pada tingkat desa.

“Selain itu, dikukuhkannya duta genre tingkat kecamatan dan pembekalan terhadap tugas dan fungsi duta genre kecamatan,” terangnya. (ndi)

DMCA.com Protection Status