fbpx

Kualitas Kinerja PPL Ketahanan Pangan Mesti Ditingkatkan

Kualitas Kinerja PPL
Anggota DPRD Murung Raya, Heriyus M Yoseph. Foto: Udi

PURUK CAHU – Anggota DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura), Heriyus M Yoseph SE mendukung, program ketahanan pangan dan swasembada pangan.

Menurut politikus PDI-Perjuangan ini, kunci keberhasilan untuk mencapai itu adalah peran penting Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang turun langsung ke masyarakat.

“Petugas PPL merupakan ujung tombak keberhasilan program ini, karena pendampingan dari PPL sangat penting bersama-sama masyarakat. Sehingga kedepan beberapa langkah strategis kebijakan pemerintah daerah akan kita coba usulkan, salah satunya fokus kepada peningkatan kinerja PPL,” kata Heriyus, Senin (1/4/2024).

Dirinya juga mengungkapkan, saat ini dari data yang disampaikan oleh PPL kepada pihaknya, bahwa kendala yang dihadapi di lapangan adalah, masih rendahnya minat masyarakat bercocok tanam di pekarangan.

“Kendala minimnya minat masyarakat ini diharapkan agar dikaji untuk mencari solusinya. Beberapa program telah dilaksanakan, seperti Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang melibatkan ibu ibu rumah tangga, dan respon masyarakat mulai lebih baik,” tambahnya lagi.

Selain itu juga, Ia menegaskan, bahwa upaya tersebut harus menjadi langkah pemerintah daerah untuk memperkuat ketahanan pangan di masyarakat.

“Dengan kehadiran PPL di lapangan, pemerintah daerah sangat berharap kerawanan pangan bisa diatasi, tentunya juga harus ada dukungan penuh dari seluruh masyarakat,” pungkasnya. (udi/abe)

DMCA.com Protection Status