fbpx

Isi Bulan Suci Ramadan dengan Berbagai Kegiatan Amal

Isi Bulan Suci
Pj Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si saat menghadiri Safari Ramadan di Masjid Al-Amin Desa Tewang Kampung, Kecamatan Mendawai, baru-baru ini. Foto: IST

KASONGAN – Rangkaian Safari Ramadan 1445 H/2024 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan ke wilayah hilir kembali berlanjut di Masjid Al-Amin Desa Tewang Kampung, Kecamatan Mendawai, baru-baru ini.

Kedatangan rombongan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si disambut sangat antusias oleh masyarakat.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati mengatakan, bahwa Bulan Ramadan adalah momentum istimewa yang memiliki nilai-nilai keutamaan dan memberi peluang serta kesempatan berharga bagi umat Islam untuk meningkatkan keimanan, menumbuhkan kejujuran, keikhlasan dan kepedulian sosial.

“Di bulan suci Ramadan yang penuh kasih sayang ini, kita juga diajak untuk peduli terhadap kondisi di sekitar, cinta dan kasih sayang antar sesama umat islam serta cinta dan kasih dengan sesama masyarakat, sebangsa dan setanah air. Ini lah sesungguhnya pesan yang harus kita maknai di bulan suci Ramadan,” ujar Saiful.

Untuk itu, dia meminta agar bulan suci ramadan diisi dengan amalan-amalan sebagai wujud kepatuhan kepada Allah SWT.

Selain itu, senantiasa berlomba-lomba melakukan amal kebaikan sebagai kewajiban untuk menjalankan perintah dengan penuh ketaatan, mengendalikan diri dari segala nafsu, memupuk kebersamaan, kepedulian sosial, berempati merasakan penderitaan serta mengulurkan tangan untuk membantu sesama.

“Safari Ramadan merupakan kegiatan rutin yang diprogramkan oleh Pemerintah Kabupaten Katingan di tiap tahun, sama halnya dengan Safari Nyepi dan Safari Natal. Kegiatan safari tersebut bertujuan menjalin silaturahmi antara umat dengan para  ulama, tokoh agama dan masyarakat,” jelas Pj Bupati.

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus masjid, tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala desa serta camat yang telah menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Katingan di Masjid Al-Amin. (ndi)

DMCA.com Protection Status