fbpx

Mantap! Doris Sylvanus Kembali Berhasil Operasi Jantung Terbuka  

Doris
OPERASI JANTUNG: Para dokter bersama perawat saat mempersiapkan peralatan medis untuk melaksanakan operasi bedah jantung terbuka yang kedua kalinya terhadap dua pasien baru di Rumah Sakit dr Doris Sylvanus, Kota Palangka Raya, pada 15-16 Maret 2024 lalu. FOTO: Humas RSUD dr Doris Sylvanus
PALANGKA RAYA-Mantap! Itulah kata yang dapat digambarkan kepada RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya. Atas keberhasilan operasi pada pasien bedah jantung terbuka.
Sebelumnya, keberhasilan operasi pada pasien bedah jantung terbuka yang  dilakukan pada 1-2 Desember 2023, telah menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat untuk melakukan pengobatan dan berani melanjutkan ke tindakan operasi.
Kali ini,  Jejaring Pengampu Layanan Kardiovaskular Rumah Sakit Umum Daerah dr Doris Sylvanus, Kota Palangka Raya, bersama dengan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, kembali melakukan operasi bedah jantung terbuka untuk kedua kalinya di Kalteng.
Pada tanggal 15-16 Maret 2024, RSUD dr Doris Sylvanus akhirnya kembali melaksanakan operasi bedah jantung terbuka atau Coronary Artery Bypass Graft (CABG), atau bedah pintas arteri koroner bersama dengan delapan orang dari Tim  Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. .

Pada operasi tersebut, dokter yang terlibat dalam tindakan operasi yaitu, dr. Amin Tjubandi, Sp. BTKV(K), dr. Gary Pradhana, Sp. BTKV, FICS, FIATCVS, dan Dr. dr. I Made Adi Parmana, Sp. An,  KAKV.

Dua orang pasien yang telah selesai dilakukan tindakan operasi yaitu J (70), dan H (48).  Untuk pasien pertama berasal dari Kota Palangka Raya. Kondisinya pasca operasi sudah mulai sadar penuh, mulai mampu melakukan aktivitas ringan di tempat tidur. Kemudian juga sudah mampu mengonsumsi makanan, namun semua aktivitas masih terbatas dilakukan diatas tempat tidur.

Sementara untuk kondisi pasien kedua yang berasal dari Kabupaten Kapuas, saat ini masih terus dipantau dan diharapkan segera membaik dan pulih, sehingga alat bantu ventilator dapat dilepaskan.

Plt. Direktur  RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya, Ady Fraditha, S. Kep., Ners, mengatakan pelaksanaan bedah jantung terbuka yang kedua kalinya ini adalah komitmen dari Pemerintah Provinsi Kalteng, melalui RSUD dr. Doris Sylvanus, dalam upaya mewujudkan sembilan layanan prioritas yang salah satunya adalah pelayanan kardiovaskuler.

Doris Sylvanus terangnya, akan selalu mengembangkan pelayanan seperti fasilitas dan SDM, sehingga mampu secara optimal memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
“Pelayanan bedah jantung terbuka ini tentunya merupakan salah satu langkah yang diharapkan mampu menekan angka penyakit dan kematian akibat penyakit jantung koroner yang terjadi di Kalteng,” terang Ady.
 
Selain itu,  Wakil Direktur Bagian Umum dan Keuangan, RSUD dr Doris Sylvanus, Isranor, mengatakan keberhasilan operasi jantung terbuka karena Doris Sylvanus telah memiliki sarana dan prasarana yang mumpuni.

“Kita semua bersyukur bahwa sarana dan prasarana serta alat kesehatan yang dimiliki oleh RSUD dr Doris Sylvanus sudah sesuai standar atau lengkap dalam melaksanakan kegiatan tindakan operasi ini, tidak kalah penting sumber daya manusia kita sudah mumpuni dan lengkap, meskipun masih diampu oleh Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, hal ini semua berkat dukungan dari Pemprov Kalteng terutama Bapak Gubernur Kalteng dan Kementerian Kesehatan RI,” pungkas Isranor. (ihz/cen)

Writer: KaltengokeEditor: Admin2
DMCA.com Protection Status