fbpx

Pj Wali Kota: Gerak Cepat Tangani Banjir

Wali Kota
SIAP TANGGULANGI BANJIR: Pj Wali Kota Hera Nugrahayu ketika memberikan instruksi kepada jajarannya hingga relawan untuk terus semangat melakukan penanggulangan banjir. FOTO: IST

PALANGKA RAYA Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, meminta seluruh stakeholder dapat meningkatkan sinergitas dalam penanggulangan bencana banjir.

Permintaan itu disampaikan Hera ketika memimpin apel gabungan dalam rangka kesiapan penanganan banjir di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kota Palangka Raya, Selasa (12/3/2024). Kegiatan dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah, camat, lurah, TNI, Polri dan relawan.

“kegiatan apel ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan peralatan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian kita atas bencana alam yang terjadi,” kata Hera.

Hera meminta, seluruh elemen di lapangan untuk bergerak cepat dalam melakukan berbagai upaya penanganan, terkhusus penanganan pasca bencana. Selain itu, menginstruksikan dinas terkait untuk merespons cepat penanganan dan kebutuhan warga terdampak banjir di sejumlah lokasi.

“Sejumlah kawasan di Kota Palangka Raya kembali terdampak banjir, sebagai dampak curah hujan yang tinggi menyebabkan meluapnya aliran sungai hingga menggenangi pemukiman warga,” ucap Hera.

Sejumlah kawasan yang terdampak seperti Jalan Danau Rangas dan Petuk Katimpun yang saat ini terdampak banjir dan memerlukan respons cepat untuk dilakukan penanganan. Dimana terdapat 250 rumah terdampak banjir dan membutuhkan respons cepat terkait penanganan dan kebutuhan warga.

Dikatakan Hera, Pemerintah Kota Palangka Raya telah mengoptimalkan upaya penanganan bagi warga yang terdampak banjir. Seperti menyiapkan lokasi evakuasi untuk tempat tinggal, logistik atau pangan dan juga layanan kesehatan.

“Jadi posko pengungsian ini diutamakan bagi warga terdampak banjir yang dievakuasi. Kita siapkan penampungan, bahan-bahan logistik, makanan, dan obat-obatan serta keperluan lainnya,” pungkasnya. (ovi/cen)

Writer: KaltengokeEditor: Admin2
DMCA.com Protection Status