fbpx

Rayakan Keberhasilan, Piala Adipura Diarak Keliling Kota

Rayakan
ARAK PIALA ADIPURA: Pemerintah Kota Palangka Raya kembali berhasil mendapatkan Piala Adipura. Tampak Piala Adipura diarak keliling kota, Jumat (8/3/2024). FOTO: NAB

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya merayakan keberhasilan mempertahankan penghargaan Piala Adipura Tahun 2023.

BACA JUGA: Edar Sabu, Pasutri Diringkus Polisi

“Kita berkumpul merayakan bahwa kita masih dipercaya mendapatkan anugerah Piala Adipura.

Mudah-mudahan memberi manfaat untuk kita semua, karena semua kegiatan mengandung makna dan doa,” ujar Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, saat diwawancarai awak media, Jumat (08/03/24).
Pj Wali Kota mengungkapkan keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari bantuan banyak pihak, perangkat daerah, dan elemen masyarakat. Dikatakannya, Kota Palangka Raya merupakan salah satu dari kota terluas di Indonesia.
“Ketika kita bisa mensinergikan semua pihak disitulah keberhasilan kita. Keberhasilan meraih Piala Adipura tahun kemarin adalah hasil kolaborasi bersama,” ucapnya.
Ia menyatakan, prestasi yang di dapat hari ini merupakan hasil penilaian tahun 2023 triwulan III yang artinya pemimpin terdahulu Wali Kota Fairid Naparin dan Wakil Wali Kota Hj. Umi Mastikah Sriosako yang berperan besar dalam keberhasilan Piala Adipura 2023.

“Saya bertanggung jawab untuk meneruskan ini jangan sampai nanti kualitas pengelolaan sampah, pengelolaan lingkungan hidup kita menurun. Ini tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya.

Hera meminta, camat dan lurah juga turut berperan aktif dalam mengatasi sampah yang dibuang sembarang oleh warganya. Menurutnya, meskipun bukan tugas secara langsung tetapi termasuk kewajiban bersama.

“Nanti saya akan merancang peraturan wali kota, dimana camat dan lurah mempunyai peran dan fungsi untuk bisa melakukan upaya pengelolaan sampah di lingkungan wilayah masing-masing. Ini perlu, kalau hanya dilakukan DLH tidak akan cukup dan tuntas,” tegasnya.

Dalam serangkaian kegiatan tersebut dilakukan juga penyerahan piagam penghargaan apresiasi dalam pencapaian anugerah Adipura 2023 kepada 27 penerima penghargaan dan penyerahan piagam partisipasi proklim kepada sembilan kelurahan. Selain itu juga dilakukan penyerahan bingkisan kepada petugas kebersihan sebanyak 500 bingkisan.

“Penerima piagam partisipasi proklim diserahkan ke sembilan kelurahan diantaranya, Kelurahan Habaring Hurung, Kelurahan Kameloh Baru, Kelurahan Pahandut Seberang, Kelurahan Palangka, Kelurahan Petuk Katimpun, Kelurahan Tanjung Pinang, Kelurahan Tumbang Tahai, Kelurahan Bukit Tunggal, dan Kelurahan Langkai,” sebutnya.

 

Masih di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Ahmad Zaini, menyampaikan kegiatan tersebut berdasar surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No 7 tahun 2024 pada 27 Februari 2024 tentang pelaksanaan Aksi Bersih Negeri dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2024 yang dilakukan serentak di 34 provinsi di Indonesia.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah memperkuat komitmen peran aktif seluruh kepentingan daerah dalam mengatasi polusi plastik sesuai tema tahun ini. Selain itu memperkuat partisipasi dan kesadaran publik dalam pengelolaan sampah melalui gerakan memilah dan mengolah sampah dari sumbernya,” tandas Ahmad Zaini.

Acara ditutup dengan pelepasan rombongan arak-arakan oleh Pj Wali Kota Palangka Raya. Arak-arakan dilaksanakan oleh petugas lapangan memamerkan anugerah Piala Adipura dimulai dari rute Jalan Yos Sudarso hingga Jalan Tjilik Riwut.

“Dengan ini saya buka pelepasan arak-arakan anugerah Adipura Kota Palangka Raya tahun 2023,” ungkap Hera sambil mengibarkan bendera pelepasan. (nab*/cen)

Writer: KaltengokeEditor: Admin2
DMCA.com Protection Status