fbpx

Pj Bupati Katingan Hadiri Safari Nyepi di Desa Baun Bango

Pj Bupati Katingan
Pj Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si beserta rombongan melaksanakan Safari Nyepi Tahun Baru Saka 1946 di Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, Senin (4/3/2024). Foto: IST

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si beserta rombongan menghadiri Safari Nyepi Tahun Baru Saka 1946, dalam rangka menyambut Catur Brata Penyepian Pemerintah Kabupaten Katingan Tahun 2024 di Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Senin (4/3/2024).

Pelaksanaan Safari Nyepi merupakan agenda tetap Pemerintah Kabupaten Katingan setiap tahunnya, sama halnya dengan Safari Natal dan Safari Ramadan.

Safari Nyepi ini, dilaksanakan sebelum Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 yang jatuh pada 11 Maret 2024. Hal tersebut mempertimbangkan waktu yang berdekatan dengan Puasa Ramadhan Tahun 1445 H/2024 M.

Safari Nyepi Tahun Baru Saka 1946 dalam rangka menyambut Catur Brata Penyepian Pemerintah Kabupaten Katingan Tahun 2024 di Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang dilaksanakan dengan mengusung Tema “Sat Cit Ananda Untuk Indonesia Jaya”.

Sementara Sub Tema, “Dengan Hikmat Penyepian Kita Tingkatkan Moderasi Beragama di Bumi Penyang Hinje Simpei Untuk Katingan Aman, Damai Dan Sejahtera”.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati mengatakan jika sebenarnya Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 jatuh pada tanggal 11 Maret 2024. Akan tetapi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan telah mengagendakan acara Safari Nyepi dilaksanakan mulai 4 Maret 2025 karena mendekati bulan puasa.

“Saya ucapkan terima kasih, luar biasa sekali saudara-saudara kita dari Umat Hindu Kaharingan. Beliau-beliau masih tetap menerima dan menyambut kedatangan kita semua untuk hadir di tempat ini,” tutur Saiful.

Dia meyakini, semuanya ini bisa terlaksana adalah karena memang di dalam hati sudah ada ikatan bahwa kita ini adalah sebuah keluarga besar. “Apapun langkah-langkah dan agama kita, semuanya itu tidak membuat kita terpecah-pecah atau pun terkotak-kotak. Justru ini menggiring kita untuk bisa saling toleransi antar satu dan yang lain,” ungkap Pj. Bupati.

Menurut Saiful, Pemkab Katingan terus mengupayakan pembangunan spiritual umat beragama. Baik itu spirit secara langsung, atau didukung dengan infrastruktur lainnya. Melalui Perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1946 ini, diharapkan selalu terbangun suatu suasana yang harmonis antar umat beragama.

“Dalam hal ini, saudara kita dari Hindu Kaharingan dengan kita dari pihak pemerintah dan masyarakat pada umumnya. Sehingga, tambahnya, terwujud Kabupaten Katingan yang rukun, damai, sejahtera sebagaimana harapan dan impian kita semua,” tutur Pj. Bupati.

Pada penghujung acara Safari Nyepi, Pj. Bupati memberikan tali asih kepada Majelis Resort Agama Hindu Kaharingan dan para lansia. Turut hadir dalam Safari Nyepi Tahun Baru Saka 1946 tersebut antara lain para Kepala OPD, Camat Kamipang, unsur forkopimda, tokoh agama, masyarakat dan undangan lainnya. (ndi) 

DMCA.com Protection Status