fbpx

Pj. Bupati Katingan Buka Launching Outlook Investasi Yuridiksi

Launching
Penjabat Bupati Katingan Saiful S.Pd, M.Si memberikan cinderamata kepada salah satu panelis saat Launching Outlook Investasi Yuridiksi Kabupaten Katingan Tahun 2023, baru-baru ini. Foto: IST

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Katingan Saiful S.Pd, M.Si membuka kegiatan Launching Outlook Investasi Yuridiksi Kabupaten Katingan Tahun 2023 di Aula Lantai II Kantor Bappedalitbang setempat, baru-baru ini.

Peluncuran Katingan Investment Outlook pada sesi JCAF #23, membahas mengenai peluang investasi di Kabupaten Katingan dan bagaimana visi Konservasi Katingan untuk Borneo yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah Katingan 2024 – 2026.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menyampaikan betapa pentingnya kolaborasi dari pihak dan berbagai macam latar belakang serta pengalaman dalam melaksanakan pendekatan yuridiksi serta menginisiasi Launching Outlook Investasi Yuridiksi di Kabupaten Katingan.

“Itu sebagai upaya menarik minat calon investor untuk membangun perekonomian yang berkelanjutan di berbagai sektor untuk memajukan masyarakat dan sumber daya alam lainnya di Katingan,” ujarnya.

Saiful mengucapkan terima kasih kepada Jurisdiction Collective Action Forum, yang telah mensupport Kegiatan Launching Outlook Investasi Yuridiksi ini. Termasuk pula, kepada para panelis dan investor yang hadir sekitar 100 peserta, baik secara daring maupun luring.

“Jurisdictional Collective Action Forum adalah forum dialog yang dilaksanakan untuk mengakselerasi upaya pemerintah daerah transisi menuju pembangunan hijau lewat komitmen, inovasi dan penguatan ekosistem kerjasama dengan mengedepankan perlindungan ekosistem, produksi yang berkelanjutan dan masyarakat yang sejahtera dan inklusif,” jelasnya.

Forum ini, lanjutnya, menjembatani pelaku bisnis, filantropi, partner pembangunan, bersama pemerintah daerah dan juga nasional untuk berbagi pengetahuan, pengalaman strategis dalam atasi persoalan di tingkat Kabupaten dengan model maupun solusi yang beragam.

Bersama para mitra pendukung JCAF dan Pemerintah Kabupaten, Forum ini telah menghasilkan 18 Business Cases, 3 Policy Briefs dan 3 Investment Outlook yaitu dari Kabupaten Siak di Riau, Kabupaten Kubu Raya di Kalimantan Barat dan Kabupaten Katingan di Kalimantan Tengah.

“Kabupaten Katingan sangat terbuka dengan peluang investasi dan bersinergi dengan program pemerintah yang sekaligus dapat membuka lapangan kerja. Pemerintah Kabupaten mengawal, mendampingin dan melindungi. Sehingga dalam pelaksanaan melakukan investasi di Katingan merasa nyaman. Kita akan mencoba membuka infrastruktur, jika perlu ditindaklanjuti,” ujar Pj. Bupati.

Dalam sesi diskusi, membahas tentang kesiapan pemerintah Katingan dari sisi perencanaan dan investasi. Termausk pula, tantangan yang dihadapi untuk mendongkrak masuknya investasi yang berkelanjutan. Baik dari sisi tata kelola, pendanaan maupun inovasi dengan mempertimbangkan arus trend pasar global, terhadap keberlanjutan dan perubahan iklim. (ndi)

BACA JUGA: Berikan Klarifikasi, Rumah Sakit Advent Bantah Bohongi Karyawan

DMCA.com Protection Status