fbpx

Enam Hektare Semak Belukar Berkobar

Enam Hektare Semak Belukar Berkobar
Petugas gabungan tengah berjibaku memadamkan kebakaran di lahan gambut di Desa Batu Kotam, Kecamatan Bulik, Minggu (22/1/2023). Foto:Ist

PALANGKA RAYA – Kebakaran hutan dan laham (karhutla) dilaporkan melanda enam hektare lahan gambut di Desa Batu Kotam, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau, Minggu (22/1/2023).

Kapolres Lamandau AKNP Bronto Budiyono, menuturkan, kebakaran lahan ini meluas kurang lebih sekitar enam hectare, hingga masuk Wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

“Kebakaran di lahan gambut ini sangat sulit dipadamkan, jika tidak dilokalisir, ditakutkan kebakarannya akan semakin meluas. Kami akan berkoordinasi dengan Polres Kobar terkait peristiwa ini,” terang Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono saat dikonfirmasi, Senin (23/1/2023).

Petugas gabungan dari TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Lamandau berjibaku memadamkan kebakaran tersebut. Selain disemprot dengan air, petugas membuat sekat untuk meminimalisir kebakaran terus meluas.

Sejauh ini, lanjut Bronto, kebakaran hanya menghanguskan semak belukar di sebuah lahan kosong. Pihaknya mengaku belum mendapat informasi yang valid terkait penyebab kebakaran di lokasi.

“Kapolsek Bulik dan kasatreskrim telah melakukan penyelidikan terhadap pemilik lahannya, sudah ada beberapa warga sekitar dimintai keterangan,” ungkap Bronto.

Meski api berhasil dipadamkan, kata dia, namun asap masih keluar dari dalam gambut, makanya perlu dilakukan pendinginan dan penyekatan di sekitar lokasi kebakaran agar tidak meluas.

Kapolres menyebutkan, untuk melakukan pemadaman, pihaknya bekerjasama dengan anggota TNI dari Kodim 1017/Lamandau dan BPBD Kabupaten Lamandau.

Selain melakukan pemadaman, pihaknya juga mulai intensif melakukan patroli dan imbauan kepada masyarakat agar tak membakar lahan ataupun hutan.

“Kita sudah mulai rutin melakukan pemantauan dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar lahan,”pungkasnya.(rdo/cen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *