fbpx

Kebakaran Lahan Nyaris Hanguskan Rumah Warga di Palangka Raya

Kebakaran Lahan Nyaris Hanguskan Rumah Warga di Palangka Raya
PEMADAM: Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kawasan Jalan Ir Soekarno, Kota Palangka Raya, Jumat (23/7/2021). (FOTO: ARDO).

PALANGKA RAYA – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di kawasan Jalan Ir Soekarno, Kota Palangka Raya terbakar, Jumat (23/7/2021) sekitar Pukul 16.00 WIB. Kobaran api kebakaran lahan ini sempat mendekati rumah warga.

Dalam kasus ini, lahan yang terbakar ialah dengan luas sekitar 2 Ha. Api yang sempat mengganas sempat mendekati salah satu rumah warga, hingga akhirnya berhasil dipadamkan oleh tim gabungan.

Aliyah (29) warga sekitar lokasi kejadian mengatkan jika dirinya tida mengetahui pasti asal api yang menimbulkan kebakaran lahan tersebut. Namun, secara tiba-tiba api membesar dan mendekati rumahnya yang berjarak hanya sekitar 100 meter.

“Saat itu api tiba-tiba membesar dan merembet dan mendekat ke rumah kami” ungkapnya.

Adanya peristiwa kebakaran laha ini dengan sigap ditanggapi petugas dari Manggala Agni, Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah yang melacak adanya titik hotspot. Selain itu, tim gabungan lainnya juga mendatangi lokasi kejadian untuk membantu melakukan pemadaman.

BERITA TERKAIT: Antisipasi Karhutla, Polda Kalteng Pantau Lahan Kering Warga

Danru regu 2 Manggala Agni, Gunawan, mengatakan ada sekitar 2 hektare yang terbakar dalam kejadian tersebut. Untuk upaya pemadaman sendiri dikatakannya tidak mengalami banyak kendala, karena lokasi yang terbakar tidak terlalu jauh dari pinggir jalan.

Upaya pemadaman sendiri memakan waktu sekitar 30 menit oleh tim gabungan. Terkait unsur kesengajaan atas kasus kebakaran lahan tersebut, dirinya menyebutkan hal itu akan diserahkan ke pihak yang berwenang.

Sementara itu, tim kepolisian dari Polresta Palangka Raya juga terjun langsung ke lokasi kebakaran usai peristiwa tersebut guna melakukan olah tempat kejadian perkara. (rdo*/abe/bud)

DMCA.com Protection Status