fbpx

Tingkatkan dan Perketat Penerapan Prokes di Kalteng

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Antisipasi dan memutus penyebaran Covid-19, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengimbau, masyarakat untuk meningkatkan ketaatan dan kedisiplinan terhadap Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Sebab disiplin prokes, saat ini menjadi jalan satu-satunya untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Selain meningkatkan Prokes, ditambah lagi dengan kewaspadaan dan antisipasi, seperti rutin berolahraga dan makan makanan bergizi. Hal itu dapat terhindar dari terpapar Covid-19,” tutur H Sugianto Sabran, Minggu (9/5).

Tidak itu saja, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini juga henti-hentinya meminta masyarakat untuk tetap rutin mencuci tangan sebelum dan sesuai beraktifitas. Sedangkan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Kalteng, diminta untuk terus mengedukasi masyarakat untuk taat prokes, tingkatkan prokes, dan waspada untuk diri sendiri, orang lain, serta keluarga.

Menurutnya, fungsi edukasi, sosialisasi, dan mitigasi, termasuk menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, harus diimplementasikan dengan baik.

Selain itu, kesadaran masyarakat dalam penerapan prokes sangat penting dilakukan, karena masyarakat adalah garda terdepan dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 dengan disiplin melaksanakan prokes, sehingga Kalteng dapat menekan penyebarannya.

“Mari kita berdoa bersama-sama agar pandemi Covid ini cepat berlalu. Juga kehidupan perekonomian dapat ditingkatkan lagi. Kurangi aktifitas yang tidak penting, agar kita aman dan keluarga nyaman,” tegasnya.

Untuk diketahui, wilayah Kalteng sudah masuk Covid-19 varian baru, yakni Varian B.1.617 yang diduga mutasi dari India. Di mana sudah ada yang positif lebih dari satu orang. Berdasarkan sampel yang diuji Badan Litbangkes, Kemenkes RI. Tentunya, hal tersebut harus menjadi perhatian bagi masyarakat dalam beraktifitas. (jun/abe)

DMCA.com Protection Status