fbpx

Legislator Gumas Harap Pemkab Perhatikan Jalan Menuju Situs Budaya

Legislator Gumas
Anggota DPRD Gumas, Untung J Bangas. Foto: Sepanya

KUALA KURUN – Ruas jalan menuju situs budaya, yakni Tambun dan Bungai di Desa Tumbang Pajangei, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) saat ini masih dinilai rusak. Pasalnya jalan tersebut sulit dilintasi masyarakat setempat, karena berlobang dan berjalur.

Menyikapi itu, Anggota DPRD Kabupaten Gumas Untung J Bangas meminta, kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Gumas untuk dapat memperhatikan jalan tersebut. Dikarenakan fungsi dari jalan itu, selain ke perkampungan juga jalan menuju situs budaya.

“Kami meminta, Pemkab Gumas, khususnya dinas terkait, untuk bisa memperhatikan kondisi Jalan Kuala Kurun menuju ke situs budaya, yaitu Tambun dan Bungai di Desa Tumbang Pajangei itu,” ucap Untung J Bangas saat dikofirmasi awak media ini, Kamis (11/7/2024).

Menurut, politisi dari Partai Demokrat ini menyebutkan, jalan tersebut selain menuju situs budaya juga dilalui oleh masyarakat, seperti dari Desa Tumbang Tambirah, Tumbang Manyangan, Penda Pilang, Sarerangan, Tumbang Pajangei dan Kecamatan Tewah.

“Sampai sekarang ini untuk ruas jalan dari Kurun itu hampir tidak bisa dilalui oleh masyarakat. Maka itu sangat perlu diperhatikan untuk perbaikannya,” ujarnya.

Kemudian, sambung dia, sedangkan jika dikaitkan dengan program Pemkab, seperti smart tourism seperti di situs budaya. Sehingga, disitu lah tempat pengembangan daripada pariwisata kabupaten yang berjuluk Habangkalan Penyang karuhei Tatau.

“Dalam pengembangan pariwisata itu, harusnya Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas, untuk bisa memperhatikan, membenahi insfrastruktur dari jalan di wilayah Desa Tumbang Pajangei ini dan sekitarnya. Tujuannya supaya pengunjung bisa nyaman ke situs budaya itu,” pungkas Untung. (nya/abe)

DMCA.com Protection Status