fbpx

Pemko Palangka Raya Gelar Bimtek Simpul Jaringan Informasi Geospasial

Pemko Palangka Raya
Pj Sekda Kota Palangka Raya, Achmad Zaini memberikan arahan saat Pembukaan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Jaringan Informasi Geospasial. Foto: Ovi

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, terus memberikan sosialisasi untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang manfaat informasi geospasial dan peran Tata Kelola Data dalam Simpul Jaringan. Salah satunya melalui bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan status kinerja simpul jaringan informasi geospasial dibuka langsung oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Achmad Zaini, Senin (8/7/2024).

“Sosialisasi dan bimbingan teknis ini juga berdasarakan Perpres Nomor 27 Tahun 2024 tentang jaringan informasi Geospasial Nasional,” kata sekda dalam sambutannya.

Terkait jaringan informasi Geospasial Nasional itu juga, setiap lembaga tinggi, instansi pemerintah pusat maupun daerah, TNi hingga Polri bertugas sebagai simpul jaringan. Bersamaan dengan sosialisasi itu, juga diharapkan, dapat menunjang penyelenggaraan simpul jaringan agar dapat menghasilkan data berkualitas dan bermanfaat bagi program pembangunan.

“Dengan harapan juga sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita tentang informasii Geospasial,” ucapnya.

Menurut sekda, sosialisasi tersebut diyakini dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di Kota Palangka Raya. Namun diperlukan komitmen bersama, saling bersinergi untuk dapat mencapai target-target yang telah ditetapkan. Terlebih dalam pengumpulan, pengolahan,dan penggunaan data geografis.

“Dimana meliputi letak geografis, kontur tanah, peta sebaran penduduk, daerah rawan bencana, tempat wisata, sebaran sekolah dan fasilitas publik lainnya,” tuturnya.

Salah satu aspek penilaian kinerja simpul jaringan adalah sumber daya manusia yang menguasai bidang Geospasial. Untuk itu, Ia menyambut baik, pelaksanaan bimtek.

“Data Geospasial yang berkualitas akan memberikan manfaat besar, sebagai sarana pengambilan keputusan yang lebih baik terkait dengan tata ruang,” pungkasnya. (ovi/abe)

DMCA.com Protection Status