fbpx

Kritik dan Saran Hendaknya Disikapi Positif

Kritik dan Saran
Fraksi PKB melalui Juru Bicaranya Sugianto, SH menyatakan dapat menerima Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 untuk dibawa ke dalam rapat pembahasan selanjutnya. Foto: Suandi

KASONGAN – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Katingan melalui Juru Bicaranya Sugianto, SH mengatakan, bahwa Laporan Pertanggungjawaban APBD merupakan pertanggungjawaban Penjabat Bupati dalam melaksanakan amanah APBD selama kurun waktu satu tahun fiskal. Semua yang tertuang di dalamnya, bukan lah sesuatu yang bisa dikompromikan.

“Itu harus disikapi secara arif dan bijaksana untuk perbaikan kinerja pemerintah Daerah (Pemda), baik itu eksekutif maupun legislatif di masa yang akan datang,” ucap Sugianto saat menyampaikan Pemandangan Umum terhadap Pidato Penjabat Bupati Katingan terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023, pada Rapat Paripurna DPRD, baru-baru ini.

Fraksi PKB mengingatkan, agar semua kritik dan saran, apresiasi dan pujian hendaknya disikapi secara positif dan berorientasi ke masa depan. Pihaknya mengharapkan, mudah-mudahan komunikasi melalui Pemandangan Umum Fraksi ini menjadi salah satu perwujudan pencapaian Kabupaten Katingan yang sejahtera.

“Kami menyadari dalam Tahun 2023, banyak agenda yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan, baik dari eksekutif maupun unsur legislatif. Namun sebagai wujud fungsi pengawasan, Insha Allah kami berusaha searif mungkin, sebijaksana dan seadil mungkin dalam menilai serta menyikapi Laporan Pertanggungjawaban APBD,” tutur Sugianto.

Menurut dia, setiap kemajuan dan peningkatan kinerja tentu sudah seharusnya diberikan apresiasi. Demikian juga sebaliknya bila terdapat kekurangan yang menurut pihak dewan perlu diungkap, maka hendaknya disikapi pula oleh Penjabat Bupati beserta jajarannya dengan arif, bijaksana dan lapang dada.

“Setelah mencermati Pidato Penjabat Bupati Katingan yang menyampaikan Raperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023, Fraksi PKB DPRD Katingan menyatakan dapat menerima untuk dibawa ke dalam rapat pembahasan selanjutnya, sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah DPRD Katingan,” ungkapnya. (ndi)

DMCA.com Protection Status