fbpx

Ratusan Pelaku UMKM Dibantu Modal dan Dilatih Manajemen

Ratusan Pelaku UMKM
Pj Bupati Mura, Dr Drs Hermon MSi saat menyerahkan bantuan produktif usaha mikro kecil bagi pelaku UMKM di Kecamatan Murung, Senin (1/7/2024). Foto: Yudi

PURUK CAHU – Sebanyak 150 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari wilayah Kecamatan Murung mendapatkan pelatihan manajemen usaha. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindustrian dan Perdagangan).

Kegiatan yang dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang (TTB) ini berlangsung selama dua hari dengan mendatangkan pemateri dari Universitas Palangka Raya (UPR).

Kepala Diskop UKM Perindustrian dan Perdagangan Mura dr Suria Siri mengatakan bahwa ada ratusan pelaku UMKM dari tiga kecamatan (Murung, Tanah Siang dan Tanah Siang Selatan) yang tahun anggaran 2024 mendapatkan bantuan modal dan pelatihan manajemen usaha.

“Untuk kegiatan kali ini di Kecamatan Murung ada sedikitnya 150 pelaku usaha yang mengikuti pelatihan, dan yang sedang kami persiapkan lagi di dua kecamatan lainnya. Jadi ada sedikitnya 450 pelaku UMKM di 3 kecamatan yang akan kita latih mengelola manajemen usahanya serta mendapatkan stimulan bantuan modal usaha,” kata Suria saat diwawancarai awak media, Senin (1/7/2024).

dr Suria Siri Kembali menambahkan, untuk besaran nilai bantuan Produktif Usaha Mikro Kecil yang diberikan adalah sebesar Rp 1 juta per pelaku UMKM.

“Selain itu setelah kegiatan ini mereka (UMKM, red) bukan hanya mendapatkan bantuan modal usaha, tetapi juga akan difasilitasi untuk penerbitan izin usaha (NIB-OSS) sehingga pelaku usaha ini nantinya kedepan secara dokumen dan perizinan sudah siap,” tambahnya.

Saat ini pihak Diskop UKM Perindustrian dan Perdagangan telah mendata sedikitnya ada 12 ribu lebih pelaku UMKM di Kabupaten Mura, namun masih ada 6 ribu sampai 7 ribu pelaku UMKM yang telah terdaftar di OSS.

“Untuk pembinaan lainnya, kita akan ikutkan para pelaku UMKM ini dalam beberapa even kegiatan expo baik tingkat kabupaten maupun provinsi setiap tahunnya,” ungkap Suria. (udi/abe)

DMCA.com Protection Status