fbpx

Prioritaskan Pembangunan Jalan Penghubung Antar Desa

Prioritaskan Pembangunan
Anggota DPRD Katingan, Esenhover, A.Md meminta pemerintah daerah memprioritaskan pembangunan jalan penghubung antar desa. Foto: IST

KASONGAN – Pihak DPRD Katingan meminta, pemerintah daerah (Pemda) melalui dinas terkait agar memprioritaskan, pembangunan maupun peningkatan jalan penghubung antar desa.

Pasalnya hingga kini, belum semua kecamatan maupun desa di wilayah Kabupaten Katingan yang terhubung oleh jalan darat yang mulus. Sebagian masyarakat, masih memanfaatkan transportasi air untuk mencapai wilayah lainnya.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Esenhover, A.Md, mengatakan memang di wilayah Katingan masih ada desa maupun kecamatan yang belum terhubung jalan darat.

“Oleh sebab itu lah, kami meminta agar Pemerintah daerah agar fokus dan memprioritaskan membuka jalan antar desa maupun kecamatan. Sehingga nantinya, bisa terhubung dengan ibukota Kabupaten Katingan,” ujarnya, baru-baru ini.

Menurut Politisi Partai Hanura ini, jika pembukaan badan jalan antar desa dan kecamatan ini sangat penting. Sebab nantinya, itu sangat besar pengaruhnya terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Jika tidak ada jalan darat dan hanya mengandalkan transportasi air, tentu sangat sulit bagi masyarakat dalam memasarkan hasil pertanian, perikanan dan melakukan aktivitas lainnya,” tuturnya.

Dengan adanya jalan darat, dia yakin ekonomi masyarakat nantinya Katingan akan semakin baik lagi, karena secara tidak langsung membuka keterisolasian.

Selain itu, berbagai usaha masyarakat juga akan berjalan dengan lancar tanpa harus terkendala lagi masalah jalur transportasi. Oleh sebab itu lah, dirinya berharap pemerintah lebih memprioritaskan pembukaan badan jalan antar desa dan kecamatan

“Masalah ini juga sering disampaikan langsung oleh warga. Terutama waktu kita melakukan kunjungan reses, maupun saat kegiataan Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang. Semoga ini bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah, sehingga Katingan bisa semakin maju dan Bermartabat,” ucap anggota dewan asal Daerah Pemilihan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (ndi)

DMCA.com Protection Status