fbpx

Usai Dilantik, 469 Petugas Pantarlih di Katingan Langsung Turun Lapangan

pantarlih
Pihak KPU Kabupaten Katingan usai melaksanakan Apel Gerakan Coklit Serentak dan Pelantikan Petugas Pantarlih untuk Pilkada Tahun 2024, Senin (24/06/2024). FOTO: SUANDI

KASONGAN – Sebanyak 469 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kabupaten Katingan, serentak mulai turun ke lapangan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit). Untuk hari pertama, satu petugas Pantarlih akan melakukan coklit untuk lima Kepala Keluarga (KK).

Sebelum turun ke lapangan, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan melaksanakan Apel Gerakan Coklit Serentak dan Pelantikan Petugas Pantarlih untuk Pilkada Tahun 2024, Senin (24/06/2024). Apel di halaman KPU Kabupaten Katingan tersebut, dihadiri oleh PPK, petugas Pantarlih dan perwakilan PPS wilayah Kecamatan Katingan Hilir.

Ketua KPU Kabupaten Katingan, Wahyuni mengatakan jika pihaknya telah melaksanakan Apel Gerakan Coklit Serentak dan pelantikan Petugas Pantarlih. Kegiatan ini, dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Terkhusus di Kabupaten Katingan, dilaksanakan pula di setiap ibu kota kecamatan dan setiap desa,” ujarnya saat diwawancara usai apel.

Dia menyampaikan bahwa sesuai Instruksi KPU RI, akan dilaksanakan Coklit mulai 24 Juni sampai 25 Juli 2024. Khusus wilayah Kecamatan Katingan Hilir, ada 106 petugas Pantarlih yang dilantik dan mereka akan bertugas di delapan desa. Untuk Kabupaten Katingan, secara keseluruhan petugas Pantarlih sebanyak 469 dengan jumlah TPS 303,” tuturnya.

“Jadi mulai hari ini kita mulai melaksanakan coklit. Untuk satu TPS yang jumlah pemilihnya lebih dari 400, ada dua petugas Pantarlih. Kalau pemilihnya dibawah 400, maka hanya satu Pantarlih saja. Terkhusus di Kabupaten Katingan, hari pertama satu petugas Pantarlih melakukan coklit untuk lima kepala keluarga. Kami berharap dalam waktu masa tugas Pantarlih, semua pemilih yang memang mempunyai hak suara bisa benar-benar kita sediakan haknya,” kata ketua KPU.

Dia juga berharap, dimulai dengan pelantikan ini dan masa kerja Pantarlih sekitar satu bulan lebih, semua pemilih yang memang masuk dan benar-benar warga Kabupaten Katingan bisa disediakan hak pilihnya.

“Harapannnya sebelum 25 Juli mendatang, kita sudah menyelesaikan proses coklit. Berdasarkan data DP4, di Kabupaten Katingan 125 ribu lebih pemilih. Target kita, bisa mencapai paling tidak sekitar 115-120 ribu pemilih. Karana DPT di Pemilu terakhir kemarin, sekitar 124 ribu,” sebutnya.

Sebelumnya pada 23 Juni 2024, pihak KPU sudah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek). Jadi seluruh petugas Pantarlih ini sebelum dilantik, sudah mengikuti Bimtek terlebih dahulu.

“Hari ini saat terjun langsung ke lapangan, mereka sudah menguasai apa yang harus dikerjakan. Kami juga membekali dengan rompi, topi dan buku panduan serta ATK untuk pantarlih,” imbuhnya.

Sementara Penjabat Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.,Si dalam sambutan tertulisnya dibacakan Plh. Asisten I Bidang pemerintahan dan Kesra Setda Katingan, Deddy Ferras mengucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya Petugas Pantarlih.

“Tugas yang diemban oleh rekan-rekan sekalian santa mulia dan penting. Pantarlih memiliki peran strategis dalam memastikan bahwa data pemilih yang digunakan dalam Pilkada adalah akurat dan valid,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Deddy, dalam melaksanakan tugas ini dibutuhkan komitmen, kejujuran dan integritas tinggi. Dia mengingatkan, agar tugas Pantarlih harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesionalisme.

“Pantarlih diharapkan dapat turun langsung ke lapangan untuk mendata setiap pemilih dengan cermat. Selain itu, memastikan bahwa tidak ada warga yang memenuhi syarat namun tidak terdaftar sebagai pemilih,” pesannya.

Dalam melaksanakan tugas, dia meminta Pantarlih selalu menjunjung tinggi prinsip netralitas dan independen. Jangan sampai ada kepentingan pribadi atau kelompok yang mempengaruhi kinerja.

“Kita semua harus bekerja untuk kepentingan bangsa dan negara, memastikan bahwa setiap warga negara yang memenuhi syarat memiliki hak untuk memilih dan suaranya dihitung secara adil,” pungkasnya. (ndi)

DMCA.com Protection Status