fbpx

Tak Terawat, Jembatan Ditumbuhi Rumput Liar

jembatan
Jembatan yang ditumbuhi rumput dan ilalang terlihat tidak terawat.FOTO: ALX

KUALA KAPUAS – Jalan dan jembatan merupakan infrastruktur yang sangat penting. Selain sebagai penghubung wilayah, juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Olehnya, infrastruktur yang telah dibangun harus dijaga dan dirawat dengan baik.

Namun sangat disayangkan terlihat beberapa infrastruktur di wilayah Kabupaten Kapuas yang telah dibangun tidak mendapatkan perawatan dan juga penanganan secara baik.

Seperti yang terlihat di sepanjang jalan yang menghubungkan Sei Hanyo ke Desa Hurung Tabengan, Desa Supang dan Rahung Bungai. Selain ditumbuhi semak di bahu jalan yang terlalu tinggi juga telah menutupi sebagian badan jalan di kedua sisi yang membuat jalan yang tadinya sangat memadai menjadi terkesan menyempit.

Salah satu masyarakat di Desa Sei Hanyo bernama Alie mengatakan, bahwa sebagai masyarakat sangat menyayangkan tidak adanya penangan terhadap infrastruktur seperti jembatan yang menjadi tempat tumbuhnya rumput liar.

“Memang kalau kami lihat untuk pemeliharaan, sangat jarang oleh pihak dinas, dimana kalau dilihat di tahun ini saja kayaknya tidak ada petugas yang membersihkan rumput yang menutupi jembatan ini,” ucapnya, Jumat (14/6) kemarin.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan juga terlihat hampir sebagian panjang jembatan tertutup tanaman liar hingga menjalar di kedua ujung jembatan. Di kedua ujung jembatan juga dipenuhi tanah tebal, sehingga menyumbat saluran pembuangan.

“Dimana saat hujan mengakibatkan genangan di sepanjang jembatan itu dan dikhawatirkan akan merusak jalan atau aspal di atas jembatan,” pungkasnya. (alx/cen)

DMCA.com Protection Status