fbpx

Harapkan Semua Hewan Kurban Dipastikan Sehat

hewan kurban
Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Hj. Masfuatun.

KUALA PEMBUANG – Salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Hj. Masfuatun mengharapkan agar semua hewan kurban yang akan dikurbankan pada pelaksanaan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, hendaknya bisa dipastikan kesehatannya. Hal ini, guna menjamin keamanan dan kelayakan daging kurban itu sendiri saat dikonsumsi masyarakat, sehingga kesehatan masyarakat tidak terganggu.

Menurut Hj Masfuatun, kepastian akan sehatnya hewan yang akan dijadikan sebagai hewan kurban pada pelaksanaan hari raya kurban nanti sangat penting. Oleh karenanya, maka diperlukan peningkatan pengawasan teknis kesehatan hewan terhadap kesehatan masyarakat, katanya.

Dikatakan politisi PPP ini, ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam prosesi pemotongan hewan kurban, yaitu kesehatan hewan yang akan dikurbankan, proses pemotongan hewan, dan distribusinya.

Dirinya menghimbau kepada pemerintah setempat atau instansi terkait, agar bisa membentuk tim khusus dalam pengawasan. Karena dengan adanya pengawasan ini maka diharapkan tidak oknum-oknum yang memanfaatkan momentum Iduladha untuk menjual hewan kurbannya tanpa melalui pemeriksaan kesehatan.

Dan tim yang dibentuk agar memeriksa sapi yang dijual tersebut, apakah layak dari segi kesehatannya, maupun persyaratan kurbannya.

“Apabila layak, maka berikan sertifikat kelayakannya agar masyarakat pembeli bisa mengetahuinya dan tidak ragu lagi,” tukasnya. (yad)

DMCA.com Protection Status