fbpx

Guru di Katingan Ikuti Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Guru Katingan
Sekda Kabupaten Katingan, Pransang, S.Sos bersama para undangan dan peserta Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Tenaga Pendidik Tahun 2024, baru-baru ini. Foto: IST

KASONGAN – Pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Katingan melaksanakan, Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Tenaga Pendidik Tahun 2024 di Kabupaten Katingan, baru-baru ini.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Aula Kantor Badan Kesbangpol tersebut, dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan, Pransang, S.Sos.

Sosialisasi diikuti oleh para tenaga pendidik yang meliputi guru Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang ada di Kecamatan Katingan Hilir berjumlah 40 orang.

Penjabat Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si salam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Katingan menyampaikan, bahwa dalam membangun nilai-nilai wawasan kebangsaan di kalangan siswa dan siswi oleh para pendidik saat ini, dihadapkan pada situasi yang penuh tantangan.

“Salah satunya adalah tantangan teknologi. Perkembangan teknologi selain diyakini sebagai sesuatu yang akan mempermudah kehidupan saat ini. Namun di sisi lain juga membuka celah untuk memberi kemudahan masuknya paham – paham yang berseberangan dengan nilai-nilai pancasila di tengah-tengah para pendidik,” ujarnya.

Menurut Pransang, terkait itu kita tidak dapat membendung derasnya kemajuan teknologi.

“Oleh karenanya, semua harus melakukan upaya-upaya untuk memberi pembekalan terus menerus kepada para siswa. Sehingga, akan terbentuk sikap pribadi siswa dengan karakter kebangsaan yang kuat,” tuturnya.

Melalui wawasan kebangsaan, lanjutnya, diharapkan para pendidik semakin memahami arti pentingnya memiliki rasa cinta tanah air. Sehingga, mereka mampu memanfaatkan segala potensi yang dimiliki. Seperti kekayaan alam atau sumber daya alam, untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Melalui sentuhan dari guru, diharapkan pula dapat menghasilkan siswa yang bukan hanya cerdas intelektual. Melainkan juga, cerdas secara emosional dan spiritual serta memiliki kecakapan hidup,” kata Pransang.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol Katingan, George Heplin Edwar Doddy melaporkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengarahkan kembali jalur pemikiran dan kebiasaan anak didik yang menjadi generasi muda Bangsa kembali ke nilai-nilai luhur dan moral bangsa.

“Selain itu, memberikan edukasi kepada para pendidik dalam memberikan pemahaman Wawasan Kebangsaan kepada anak generasi muda agar tidak terbawa arus globalisasi saat ini,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman akan arti dari wawasan kebangsaan, khususnya bagi kalangan pendidik atau guru.

“Kemudian, bisa mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaaan guna pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” imbuhnya. (ndi)

DMCA.com Protection Status