fbpx

Kader NU Diharapkan Maju dalam Pilkada

Ketua GP Ansor Kalteng, Elly Saputra.

PALANGKA RAYA-Ketua GP Ansor Kalteng Elly Saputra, mendorong sejumlah tokoh dan kader Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Kalteng untuk ikut andil dalam pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, baik sebagai calon kepala daerah maupun sebagai wakil kepala daerah.

“Untuk memberikan manfaat dan berjuang demi tegaknya NKRI, maka kader-kader NU harus turun langsung mengambil pucuk-pucuk pimpinan. Tetapi tentunya itu dilakukan dengan cara-cara yang benar sesuai dengan Al Quran dan Sunah Nabi Muhammad SAW,” ucapnya, Minggu (5/5/2024).

Sebagai organisasi yang menjadi wadah pembinaan keumatan dan penjaga NKRI, selayaknya kader-kader NU baik dari NU itu sendiri dan banom-banom NU dapat mengisi posisi-posisi strategis dalam semua bidang. Langkah tersebut harus dilakukan, sehingga peran NU terhadap umat dan bangsa, khususnya daerah semakin nyata.

“NU memiliki basis massa yang banyak, hingga pelosok desa. Kekuatan ini tentu harus dikelola dengan baik untuk kemajuan umat, bangsa dan daerah. Momentum pilkada salah satu jalan bagi NU dan kadernya untuk mengabdikan diri lebih luas lagi, sehingga kebijakan nantinya prorakyat dan umat,” lugasnya.

Ia mengatakan, NU memiliki sejumlah kader yang layak untuk maju di Pilkada 2024. Untuk itu, GP Ansor mendorong agar tokoh-tokoh NU bisa ikut serta baik sebagai Gubernur Kalteng maupun Wakil Gubernur Kalteng pada Pilgub 2024. Begitu juga di kabupaten/kota.

“Untuk Pilgub Kalteng kita mendorong orang tua kita untuk maju, itu seperti Agustiar Sabran, Rahmat Nasution Hamka, Edy Pratowo, Nuryakin, Faridawaty D Atjeh, Habib Ismail bin Yahya, Iwan Kurniawan, Ujang Iskandar, Habib Fauzi dan HM Wahyudie F Dirun. Kami menilai ayahanda-ayahanda kami di NU ini layak untuk maju,” ungkapnya.

Ia menegaskan, GP Ansor akan memberikan dorongan dan dukungan, siapapun nanti tokoh dan kader NU yang maju di Pilgub Kalteng, baik sebagai Cagub maupun Cawagub.

“Harapan kita tokoh dan kader-kader NU bisa maju di Pilkada Kalteng. Pun begitu di kabupaten/kota,” ujarnya.

Elly merinci, tokoh-tokoh NU tersebut ada yang pernah menjadi pengurus PMII, GP Ansor, Muslimat, dan NU hingga saat ini. Agustiar Sabran merupakan salah satu Pembina PWNU Kalteng dan Penasihat GP Ansor Kalteng, Rahmat Hamka merupakan pengurus PWNU Kalteng dan pernah menjabat Kasatkorwil Banser dan pengurus Pusat GP Ansor.

Sedangkan untuk Edy Pratowo merupakan Ketua PCNU Kabupaten Pulang Pisau, Nuryakin pengurus PWNU Kalteng, Iwan Kurniawan pernah menjadi pengurus GP Ansor Kalteng, H Ujang Iskandar pernah menjabat Ketua NU Kobar, Habib Fauzi merupakan tokoh militan NU sejak PMII, GP Ansor hingga pernah menjabat Ketua PWNU Kalteng, begitu juga dengan nama lainnya. (rdi/cen)

DMCA.com Protection Status