fbpx

Nuryakin Siap Bertarung di Pilkada Kalteng

Sekda Provinsi Kalteng, Nuryakin. Foto:mmckalteng.

PALANGKA RAYA-Nuryakin menyatakan siap maju dan bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kalteng pada 2024. Kesiapan tersebut ditandai dengan dirinya secara resmi mendaftar ke Partai Gerindra dan Nasdem.

“Saya mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah di Provinsi Kalteng,” tegasnya Jumat (3/5/2024).

Dikatakannya, bahwa dirinya mencalon atas restu dan izin langsung dari Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran.

“Saya ini ASN tidak boleh melakukan tindakan diluar organisasi, pastinya saya dianjurkan pak gubernur untuk mendaftar di Gerindra dan NasDem, ini adalah ikhtiar yang kami lakukan, tentunya kita mempunyai visi misi, impian yang akan dicapai kedepan, dengan tujuan menjadi pemimpin adalah mensejahterakan masyarakat melalui visi misi,” ujarnya.

Nuryakin saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng. Ia mengatakan, ingin membangun Kalteng yang bermartabat, inovatif, maju dan berkeadilan. Yakni bagaimana melanjutkan pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini oleh para pendahulu.

“Ini bukan hal yang mengejutkan, karena memang dinamika selalu ada, setiap masa itu ada orangnya, setiap orang ada masanya,” tuturnya.

Ia mengaku keputusan mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah setelah melalui pemikiran dan perenungan panjang, hingga akhirnya kini siap melangkah lebih jauh lagi.

Nuryakin mengatakan, dulu dirinya juga pernah menjadi Wakil Bupati Murung Raya. Oleh karena itu, jika digambarkan, hidup yang ia jalani separuhnya merupakan seorang birokrat dan separuhnya lagi politik.

“Saya ini lahir 10 Juni 1965, berarti 1 Juli 2025 saya pensiun atau purnatugas. Tetapi kalau di proses di Pilkada ini, ya memang ini pilihan, kalau menunggu lima tahun ke depan ya mungkin terlalu lama,” ucapnya.

Ketua DPD Gerindra Kalteng Iwan Kurniawan mengatakan, Nuryakin dikenal sebagai sekda provinsi yang juga merupakan salah satu aset terbaik Kalteng.

“Kehadiran beliau hari ini dengan niat untuk mendaftar sebagai calon Gubernur Kalteng, tentunya kita sambut dengan hangat dan tangan terbuka,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW Partai NasDem Kalteng, Mukarramah, menerangkan pihaknya selalu terbuka kepada masyarakat luas atau siapapun yang ingin bersilaturahmi menyampaikan aspirasi, mendaftarkan diri bakal calon gubernur, wali kota maupun bupati.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada sekda, karena mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Kalteng untuk tahun 2024,” ucapnya.

Dia mengungkapkan rasa bangga karena Kalteng banyak memiliki kader-kader atau putra putri terbaik untuk memajukan Kalteng.

“Sampai saat ini sudah ada lima calon yang mendaftarkan diri ke Partai Nasdem, H. Nadalsyah, H. Iwan Kurniawan, Yuandrias, Abdul Razak, dan Sekda Kalteng merupakan pendaftar kelima,” imbuhnya.

Dia menambahkan, sebagai informasi untuk penjaringan kepala daerah dari DPW Partai NasDem dimulai 27 April 2024 sampai 7 Mei 2024.

Kemudian untuk daerah kabupaten kota penjaringan dimulai tanggal 1 sampai dengan 7 Mei 2024.

“Untuk pleno tanggal delapan sampai dengan 10 Mei 2024, rapat pleno tanggal 11 sampai dengan 13 Mei 2024,” pungkasnya. (ant/ifa/cen)

DMCA.com Protection Status