fbpx

Pemkab Gumas Diharapkan Mampu Tingkatkan SDM di Pelosok

Pemkab Gumas
Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Rayaniati Djangkan. Foto: IST

KUALA KURUN – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) berharap, pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat, mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya masyarakat di wilayah pelosok.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Rayaniati Djangkan, bahwa saat ini masih banyak masyarakat yang masih kurang di sisi SDM, di beberapa wilayah yang ada di bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau. Sehingga, pemerintah harus mampu meningkatkan kualitas tersebut.

“Dalam peningkatan SDM itu, harus ada tanggung jawab dari pemerintah. Seperti melakukan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat yang ada di perdesaan,” ucap Rayaniati, Rabu (1/5/2024).

Legislator Dapil I ini menuturkan, pemkab bisa mengupayakan adanya pelatihan kerja bagi tenaga SDM lokal dengan memberikan wadah kegiatan, seperti tempat menjahit, membuat kerajinan batik dan lain-lainnya.

Dengan adanya peningkatan SDM ini, kata dia, sangatlah baik kalau memang pemerintah serius dalam hal pengembangan tersebut.

“Sumber-sumber pendapatan, kesejahteraan itu pasti ada kalau pemerintah serius. Jika adanya pembinaan dari dinas yang bersentuhan langsung dalam membina masyarakat,” ujarnya.

Tak lupa, Pemkab juga harus mengupayakan target pasarnya. Dimana selain memfasilitasi pembinaan dan pelatihan, pemerintah juga terlebih lagi harus mempersiapkan tempat pemasaran barang hasil kerajinan.

“Harus adanya keseriusan juga dalam membina, terutama di sisi pemasaran. Kemudian pembinaannya jangan sampai terputus. Sehingga dampaknya terasa oleh masyarakat dan berkelanjutan,” pungkasnya. (rdo/abe)

DMCA.com Protection Status