fbpx

Zainal Bakal Maju Mencalon Ketua PWI Kalteng Periode 2024-2029

pwi
Muhamad Zainal.

PALANGKA RAYA – Jelang kontestasi Pemilihan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng periode 2024-2029, muncul sejumlah nama yang menyatakan siap maju sebagai calon. Dari nama-nama tersebut, mencuat nama Muhamad Zainal.

Didukung sejumlah tokoh dan wartawan senior di Kalteng, membulatkan tekad Muhamad Zainal untuk melanjutkan kepemimpinan di tubuh organisasi kewartawanan terbesar dan tertua di Indonesia, termasuk di Kalteng. Bahkan, dukungan itu disampaikan langsung sejumlah tokoh dan wartawan senior dalam beberapa pertemuan.

Kepada wartawan, di Palangka Raya, Selasa (30/4/2024), Muhamad Zainal secara gamblang menyatakan akan maju dalam Pemilihan Ketua PWI Kalteng, yang akan digelar sekira akhir Juni atau awal Juli 2024 mendatang.

“Saya siap maju, dan akan membawa PWI menjadi lebih baik. Banyak program dan kerja sama akan dilakukan ke depan, dalam hal peningkatan sumber daya wartawan dan keluarganya. Apa yang dilakukan Ketua PWI Kalteng sebelumnya sudah baik, dan saya bersama jajaran pengurus ke depan akan membuatnya menjadi lebih baik,” tuturnya.

Dalam hal pengembangan sumber daya wartawan dan keluarganya, lanjut Muhamad Zainal, akan melanjutkan kerja sama dengan UPR, dan akan dijajaki kerja sama serupa dengan UMPR. Pasalnya, peningkatan sumber daya wartawan dan keluarganya menjadi penting, dalam hal meningkatkan sumber daya manusia di Bumi Tambun Bungai.

Tidak itu saja, Muhamad Zainal juga akan meningkatkan kerja sama dengan Pemprov Kalteng, Pemerintah Kabupaten dan Kota, serta pihak ketiga lainnya, yang siap mendukung dalam setiap program pengembangan sumber daya wartawan anggota PWI.

“Kita juga akan berupaya meningkatkan kapasitas, kapabilitas, dan profesionalitas wartawan sesuai dengan era digitalisasi saat ini, serta akan terus meningkatkan profesionalisme wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan. Wujud nyata itu, dibuktikan dengan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan bekerja sama dengan PT PLN Persero pada Mei dan Oktober 2024 nanti,” tutup pria yang saat ini menjabat Ketua PWI Kalteng, menggantikan HM Harris Sadikin sejak Januari 2024 lalu.

Sementara itu, Sadagori Henoch Binti atau yang akrab disapa Ririen Binti dan H Noor Ivansyah, keduanya sudah puluhan tahun menggeluti dunia jurnalistik, khususnya sebagai Wartawan media elektronik nasional SCTV dan RCTI, dengan tegas mendukung dan siap menghantarkan Muhamad Zainal menjadi Ketua PWI Kalteng periode 2024-2029.

Noor Ivansyah, menambahkan, selain dia dan Ririen Binti, keduanya juga sudah bertemu dengan Ketua PWNU Kalteng yang juga Tokoh Pers di Kalteng H Wahyudi F Dirun, menyepakati untuk mendukung Muhamad Zainal menahkodai PWI Kalteng lima tahun ke depan.

“Dukungan para Tokoh Pers dan wartawan senior terhadap Muhamad Zainal, menunjukkan kepercayaan yang tinggi kepada yang bersangkutan untuk membawa PWI menjadi lebih baik lagi,“ tegas Noor Ivansyah.

Di samping itu, dukungan terhadap Muhamad Zainal juga datang dari Ketua PWI Kapuas Sri Hayati, yang mengatakan sebagai pribadi Ketua PWI Kapuas, mendukung penuh Muhamad Zainal memimpin PWI Kalteng periode 2024-2029, karena tanggung Jawab pengurus PWI periode ke depan cukup berat, antara lain mempertahankan posisi tiga besar dalam ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), yang akan dihelat Agustus 2024 mendatang, di Banjarmasin, Kalsel.

“Diperlukan strategi khusus untuk mempertahankan posisi tiga besar Porwanas, dan hal itu harus dirancang jauh-jauh hari. Saya meyakini di bawah kendali Bang Zainal, Bang Ririen Binti, serta Bang Giben, pengurus PWI Kalteng mendatang bisa melaksanakan bagiannya dengan baik,” tutup Sri Hayati.

Tidak sampai di situ, dukungan agar Muhamad Zainal menahkodai PWI Kalteng periode 2024-2029, juga disuarakan Doddy Khairi Asyadi selaku Pimpinan Redaksi Harian Umum Tabengan.

“Saya yakin, puluhan wartawan Tabengan di Palangka Raya dan kabupaten di Kalteng, yang mempunyai hak pilih, sepakat mendukung Muhamad Zainal,” pungkas Doddy. (*/cen)

DMCA.com Protection Status