fbpx

DPRD Mura Dorong Disdukcapil Tingkatkan Pelayanan Publik

DPRD Mura
Suasana Rapat Paripurna DPRD Murung Raya, belum lama ini. Foto: Udi

PURUK CAHU –  Ketua Komisi I DPRD Murung Raya (Mura) Tuti Marheni SE mendorong, peningkatan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Pihaknya juga mengapresiasi digelarnya uji publik pelayanan data kependudukan digital yang terus ditingkatkan persentase sejak beberapa waku yang lalu.

“Dengan sosialisasi yang masif, tentu akan meningkatkan progres menuju target nasional dan provinsi terkait dengan data kependudukan digital di daerah kita saat ini,” kata politisi Partai Nasdem ini saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (23/4/2024).

Tuti juga menyoroti terkait dengan potensi terjadinya praktek pungli dalam layanan kependudukan ini, pihaknya berharap pembinaan dan pengawasan lebih ditingkatkan lagi.

“Sosialisasi untuk menghindari potensi pungli sangat penting di dalam pelayanan identitas kependudukan yang dilakukan oleh Disdukcapil,” ujarnya lagi.

Dia juga berharap pihak dinas dapat membuka diri atau dengan kata lain siap menerima masukan, saran serta kritikan terutama dari masyarakat selaku yang dilayani.

“Tentu selain uji publik, pihak dinas wajib untuk menyediakan layanan kritik dan saran sebagai bahan informasi dan masukan dalam rangka perbaikan layanan publik yang nyata dan dinamis. Juga menghindari terjadinya potensi pungutan liar yang rawan terjadi di sektor layanan publik tersebut,” pungkasnya. (udi/abe)

DMCA.com Protection Status