fbpx

Hari Kartini, Petugas SPBU Kenakan Kebaya

MELAYANI PENGISIAN BBM SPBU : Tampak petugas SPBU Jalan Yos Sudarso yang mengenakan kebaya melayani pengisian BBM dalam rangka Hari Kartini, Minggu (21/4/24). FOTO: IST
PALANGKA RAYA – Dalam rangka memperingati Hari Kartini pada tanggal 21 April, salah satu SPBU Kota Palangka Raya, di Jalan Yos Sudarso mengapresiasi serta mengenang jasa pahlawan emansipasi wanita asal Jepara, R.A Kartini melalui pakaian kebaya bagi petugas perempuan dan pakaian adat Bali bagi petugas laki-laki, Minggu (21/4/24).
Diketahui, selain SPBU yang terletak di Jalan Yos Sudarso, hal serupa juga dilakukan di SPBU yang berada di Jalan Rajawali, Kota Palangka Raya.
Person In Charge (PIC) SPBU 64.731.10, Senji mengatakan, melalui atribut bertemakan Kartini sosok pahlawan pejuang kebangkitan perempuan pribumi karena perannya sebagai pelopor yang mampu menginspirasi bangsa Indonesia dengan nilai-nilai emansipasinya.
Dikatakannya, ini merupakan bentuk penghargaan dimana mayoritas pekerja di SPBU tersebut adalah perempuan, ini sebagai pembuktian bahwasanya eksistensi wanita memang benar adanya.
“cara ini juga untuk menunjukkan bahwa semua wanita itu cantik. Kita juga di dukung oleh pertamina untuk memberikan bingkisan bagi pelanggan perempuan yang dipilih langsung di lokasi,” ujarnya.
Ia meyakini investasi perempuan yang paling utama adalah di dalam dirinya untuk mampu bersemangat dalam bekerja hingga meningkatkan kepercayaan dirinya.
Ia menambahkan, selain petugas SPBU pekerjaan operator yang umumnya dilakukan oleh kaum laki-laki, namun saat ini telah dapat dilakukan oleh kaum perempuan.
“Ini merupakan momen tematik yang setiap tahunnya dilakukan, bahkan tidak hanya pada saat hari Kartini, tetap hari besar lainnya seperti Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, Hari Kemerdekaan dan sebagainya,” ucapnya.
Meskipun berpakaian ala sosok Kartini, Senji, memastikan bahwa pelayanan akan tetap berjalan dengan maksimal seperti biasanya.
“Dengan keinginan mereka menjadi operator, dapat mengesampingkan stigma bahwa pekerjaan itu hanya dapat dilakukan oleh laki-laki. Hingga pada akhirnya, banyak perempuan diluar sana yang melihat wanita bisa melakukan pekerjaan apa saja dan siap bersaing dengan laki-laki. Kita selalu mengutamakan pelayanan. Dengan penampilan mereka yang seperti ini, menambah nilai jual untuk produk,” imbuhnya.
Sementara itu, Sales Support Pertamina Area Kalteng, Rachmad menyebut, ini sebagai salah satu wujud dukungan dari Pertamina. Selain memperingati hari Kartini, juga sebagai bentuk apresiasi kepada wanita-wanita di Indonesia, salah satunya para pekerja di SPBU yang banyak didominasi oleh para wanita pejuang hebat. Bertepatan dengan hari Kartini, Pertamina juga menyediakan program promo melalui transaksi MyPertamina.
“Konsumen yang datang ke SPBU dan melakukan transaksi pembelian menggunakan aplikasi MyPertamina otomatis akan mendapatkan triple point yang bisa ditukarkan dengan merchandise dan voucher. Kita membuka seluas-luasnya peluang untuk keterlibatan kaum perempuan menjadi mitra bahkan pekerja atau tenaga pembantu di setiap lini usaha Pertamina,” pungkasnya. (ifa/cen)
DMCA.com Protection Status