fbpx

OPD Pemkab Mura Belum Semua Terapkan E-Kinerja

HADIR : Sekretaris Diskominfo Mura Eberson (Kanan) saat mengikuti kegiatan bersama Asisten III Setda Mura Batara belum lama ini. FOTO : IST

PURUK CAHU – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja ASN khususnya PNS jajarannya, salah satunya penerapan eKinerja (elektronik kinerja.red) dalam upaya memodernisasi manajemen kinerja di sektor publik.

Menurut Sekretaris Diskominfo setempat Eberson dalam penerapan eKinerja yang telah dimulai sejak bulan Oktober 2023, hingga saat ini masih belum dapat diterapkan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Sejak awal disosialisasikan (eKinerja) ini kendalanya masih ada beberapa OPD yang belum menerapkan aplikasi yang berbasis web atau dekstop ini. Sehingga kita terus mendorong agar sarana pencatatan kinerja para pegawai negeri sipil ini segera dapat diterapkan seluruh OPD kita,” kata Eberson, Kamis (18/4/2024).

Pasalnya dengan adopsi teknologi, berbagai kegiatan seperti pengisian formulir penilaian, pengumpulan data kinerja, dan penyusunan laporan dapat dilakukan secara elektronik, mengurangi keterlambatan dan kesalahan dalam pengolahan data.

“Perkebangan teknologi ini merupakan automatisasi proses yang terintegrasi langsung dengan Badan Kepegawaian Negara, sehingga ini menjadi kewajiban masing-maisng OPD,” ungkapnya lagi.

Sekretaris Diskominfo ini kembali menegaskan bahwa dengan penerapan eKinerja ini meningkatkan akuntabilitas PNS Pemkab Mura.

“Dengan adanya rekam jejak elektronik, eKinerja dapat meningkatkan akuntabilitas PNS terhadap pencapaian tujuan dan tanggung jawab mereka. Data yang terdokumentasi dengan baik juga dapat menjadi dasar untuk pertanggungjawaban dan evaluasi kinerja secara lebih obyektif,” tandasnya. (udi/nur)

DMCA.com Protection Status