fbpx

Tetap Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

RAPAT VIRTUAL : Dinas Ketahanan Pangan saat mengikuti Rapat Virtual HKBN di Halaman Kantor Kecamatan Tanah Siang.  FOTO : IST FOR PE
PURUK CAHU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kab.Mura secara virtual ikuti Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang IdulFitri 1445 H, bertempat di Kantor Kecamatan Tanah Siang, Senin (15/04/2024).
Dalam rangka menghadapi HBKN Jelang Idulfitri Tahun 2024 serta menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), Badan Pangan Nasional serta Dinas yang menangani urusan pangan di 38 provinsi dan 514 kabupaten/ kota melaksanakan Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Periode HBKN melalui kegiatan Gerak Pangan Murah (GPM) Serentak yang digelar secara hybrid offline dan online, dimana kegiatan ini digelar terpusat di Komplek Gudang Bulog DKI Jakarta.
Apel dihadiri Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir mewakili Mendagri, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi serta Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti.
Irjen Kemendagri Tomsi Tohir dalam kesempatan tersebut menyampaikan hal-hal trantibum linmas yang perlu diperhatikan dalam rangka menghadapi bulan puasa ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 H Tahun 2024 diantaranya stabilisasi keamanan selama bulan puasa ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 H dapat berjalan dengan aman, nyaman, tertib dan lancar; Keamanan dan ketertiban masyarakat terutama pada simpul-simpul transportasi (Bandara, Terminal, Stasiun, Pelabuhan dan Jalan Raya); Pengaturan terhadap pasar tumpah agar tidak menimbulkan kemacetan arus lalu lintas.
“Pentingnya sinergi antara Forkopimda dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan terhadap gangguan Trantibumlinmas dan kejadian bencana; dan Pemantauan situasi lapangan dan bertemu dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk mengajak masyarakat tetap menjaga Trantibumlinmas pelaksanaan ibadah di Bulan Puasa Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 H agar dapat berjalan dengan aman dan damai serta khidmat,” jelasnya.
Sekretaris DKP Kab.Mura, Indah Pahrianoor mengatakan, Apel Siaga HBKN dan Rakor ini di inisiasi sebagai respons terhadap pentingnya kerja sama lintas sektor dan lintas daerah dalam menghadapi tantangan ekonomi.
“Terutama dalam menjaga stabilitas harga dan mencegah terjadinya lonjakan inflasi yang dapat merugikan masyarakat. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan juga gerakan pangan murah di halaman Kantor Kecamatan Tanah Siang,” tutupnya. (udi/nur)
DMCA.com Protection Status